Minggu, 09 April 2017

Mozzarella Stick



Bismillahhirrahmannirrahim.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh...

Weekend itu enaknya nyemil. Lagi pengen snack yang ringan tapi gurih trus pengennya yang bisa molor-molor iniiihh... hehehe. Akhirnya keinget keju Mozarella yang udah stand by di freezer nunggu giliran. Pas banget nemu postingan-nya Mb @fridajoincoffee. Yasudahlah yuuk eksekusi...



Mozzarella Stick
Source: Mb @fridajoincoffee

Bahan:
100 gr Keju Mozzarella, potong memanjang
75 gr tepung panir
40 gr tepung terigu
2 butir telur
30 ml susu cair
20 gr keju permesan bubuk
½ sdt bawang putih bubuk
1 sdt merica bubuk
2 sdt garam

Cara Membuat:

  • Siapkan 3 wadah. Di wadah pertama, masukkan tepung terigu. Di wadah kedua, campurkan susu, telur, garam dan merica bubuk. Di wadah ketiga, campurkan tepung panir, keju permesan bawang putih bubuk, garam dan merica bubuk, aduk rata.
  • Gulingkan keju mozzarella pada tepung terigu hingga terbalur rata, lalu celupkan pada campuran telur, lalu gulingkan pada campuran tepung panir sambil digulung-gulung dan ditekan-tekan agar tepung panir menempel rata dan menyelimuti semua bagian keju mozzarella.
  • Ulang sekali lagi tanpa membalurkannya pada tepung terigu, celupkan ke dalam campuran telur kemudian gulingkan pada campuran tepung panir.
  • Pastikan seluruh permukaan keju mozzarella tertutup agar tidak bocor ketika digoreng.
  • Simpan dalam wadah kedap udara, masukkan dalam freezer minimal 2 jam sebelum digoreng agar selimut menempel kuat.
  • Panaskan banyak minyak dengan api sedang. Setelah minyak benar-benar panas, goreng mozzarella stick selama beberapa menit saja hingga kuning keemasan. Balik sekali saja agar tidak menyerap banyak minyak. Segera angkat dan tiriskan.
  • Sajikan dengan cocolan saus.



Eh iya, sebelumnya mau cerita dulu nih, tentang keju Mozarella-nya. Keju Mozarella-nya biasanya saya beli di supermarket yang kudu banget melototin logo halal MUI-nya ada apa nggak, segala-galanya diceklah. Begitu nemu amannya, ternyata harganya dong Mak, nggak aman banget buat dompet belanjaan saya, secara saya cintaaa banget sama keju Mozarella ini. Namanya juga produk import, sudah pasti harganya ‘bunyi’ banget ya... *rasa-rasanya ada yang teriak Maaahhaaaaallll dari lubuk hati yang terdalam

Alhamdulillah, nggak sengaja lagi nih, nemu postingannya Mb Frida tentang resep Mozarella Stick ini, ternyata ada lho, keju Mozarella lokal, Indonesia, produksi lokal dari pabrik susu di Jawa Barat. Setelah cek n’ ricek, Alhamdulillah ini lokal, sudah jelas In Sya Allah terjamin halalnya, secara Indonesia termasuk negara dengan mayoritas muslim jadi In Sya Allah terjamin. Harganya pun kelihatan sahabatan banget lho sama dompet belanjaan saya. Biasanya kalau beli yang import tuh was-was-nya segudang, takut inilah, takut itulah, adaa aja, tapi karena ini lokal, In Sya Allah aman. Jadinya saya pun langsung kepengen bikin juga dengan keju yang sama. Pengen tes rasa gitu, sama nggak sama keju Mozarella import atau paling nggak mendekati keju Mozarella-nya si itu tuh, yang pizzanya jadi favorit. Hehehe.

Rasanya guriiihh banget, molooor lagi! Nggak kalah deh sama keju Mozarella import yang biasa saya beli di supermarket. Yang paling penting nih Mak, solusi banget buat saya yang cinta sama keju jenis ini. Enaknya dimakan sesaat setelah agak dingin yah, jadi bisa molor-molor, seruu gitu... kalau udah full dingin, jadi kurang molor lagi, keseruan berkurang walaupun rasa nggak berubah.

Jadi kayak ngiklan yah? Tapi saya nggak ngiklan loh, suer... Cuma mau cerita aja. Lumayan banget buat save banyak uang belajaan saya.

Tertarik? Yuuk bikin...

Happy baking^^




Salam,

Lisa.

1 komentar: