Kamis, 06 April 2017

Banana Oreo

Bismillahhirrahmannirrahim.
 
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh...

Haloo... berasa lama nggak ngeblog, hehehe... Asyik sama socmed, hihihi.

Ngomongin soal socmed, Jarang-jarang saya ikutan meramaikan Theme Challenge-nya @uploadkompakan. Karena biasanya nggak mood aja, terlalu jauh dari jangkauan, alasan utamanya sih mager, hehe. Tapi yang ini beda, setelah cek-cek dan browsing resep, ada yang nyangkut sedikit dan bikin gatel kalau sampai nggak ikutan, hehehe.


Banana Oreo
Source: kreasisasa.com

Bahan:
 10 Buah pisang mas jumbo
1 bungkus Oreo, ambil biskuitnya saja, sisihkan krimnya
1 bungkus Tepung Pisang Goreng Sasa Rasa Vanilla 225 gr
115 air
40 ml susu kental manis
100 gr keju Cheddar parut
Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Cara Membuat:
  • Potong pisang bentuk bulat, lalu tempel dengan biskuit oreo, tumpuk hingga rapi.
Step 1 : Cara Menumpuk Pisang dengan Biskuit Oreo
  • Larutkan 1 bungkus Tepung Pisang Goreng Sasa Rasa Vanilla dengan 115 ml air, aduk rata lalu masukkan pisang oreo satu persetu hingga terbalut rata.
Step 2: Campur Tepung Pisang Goreng Vanilla
  • Goreng pisang oreo dalam minyak panas hingga kuning kecoklatan dan matang, kemudian angkat dan tiriskan.
  • Susun setiap gorengan pisang lalu beri atasnya susu kental manis dan taburi keju parut. Sajikan segera selagi hangat.
Banana Oreo

Tadinya sih bikin ini buat ikutan ngeramein Theme Challenge-nya @uploadkompakan ke-110, setelah jadi dan masuk photo session ternyata nggak photogenic sama sekali pemirsyah, hahaha. Akhirnya banting stir, memutuskan buat bikin yang lain besokannya, mumpung masih ada waktu. Nah yang ini gimana? Yah tetep difoto, trus dicemilik laah,, enak kan buat temen ngeteh pas hujan-hujan.

Apa penyebabnya yang bikin si pisang ini nggak photogenic? Ternyata adalah bentuk absurd karangan saya yang bikin dia nggak photogenic. Bukan salah pisangnya. Bukan. Jadi ceritanya, resep asli memakai Pisang Tanduk yang notabene Pisang Tanduk itu kan gedhe banget yah, jadi kalau dipotong melintang, sudah pasti besar bulatannya sama persis dengan besarnya biskuit Oreo. Nah, saya, kebetulan nggak punya tuh Pisang Tanduk, males beli juga, jadi yah nekat bikin pakai yang ada aja, Pisang Mas Jumbo. Setelah dipotong melintang, kok rasanya kurang gedhe ya, jadi banyak sisanya tuh di pinggir-pinggir biskuitnya. Namanya juga Pisang Mas ya, walaupun namanya udah ada Jumbonya, tetep aja masih kelihatan lebih kecil dibanding jenis pisang yang lain. Ya jadilah dikarang-karang bentuknya begitu, hehehe.

Soal rasa, enak ya, unik gitu, perpaduan pisang dan biskuit oreo. Lumayan buat cemil-cemilan sore-sore sambil ngeteh atau ngopi. Tapi ada beberapa tips yang sebaiknya diikutin ya, biar aman. Yang pertama adalah karena adonan tepung celupnya basah, mencelupkan ke adonan basahnya sebaiknya sesaat sebelum digoreng, kalau terlalu lama dicelupkan ke adonan basah, biskuit kan melunak, sehingga pisang tidak akan menempel pada biskuit. Selain itu, kita akan kesulitan memasukkannya ke wajan karena lepas-lepas sendiri. Nah, kalau sudah lepas-lepas begini, saat digorengpun, biskuit akan lengket dengan sutil atau wajan. Jadi bener-bener tricky banget. Usahakan juga biskuit tertutup adonan tepung dengan sempurna, agar tidak lengket.

Gimana? Siap nyobain?

Yuuk bikin...

Happy cooking ^^




 
Salam,


Lisa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar