Sabtu, 29 April 2017

Ayam Ungkep Selimut Kremes




Namanya aneh? Panjang? Hahaha. Susah ya ternyata bikin nama masakan. Hehehe. Sebenarnya ini bukan murni buatan saya sih, kan saya bukan koki apalagi chef, nggak bisa masak cuma belajar memasak secara otodidak melalui berbagai resep. Kalau sudah berhasil mulai berani utak-atik sedikit. Nggak banyak-banyak, cuma sesuaikan dengan bahan-bahan yang ada di kulkas saya saja.




Ayam Ungkep Selimut Kremes

Bahan Ayam Ungkep:
1 kg Ayam, potong-potong, cuci bersih
1000 ml air

Bumbu Ayam Ungkep:
3 siung bawang putih
2 sdt ketumbar
2 sdt garam

Cara Membuat:

  • Haluskan bumbu ayam ungkep, campur dengan air di wajan anti lengket.
  • Masukkan ayam, rebus hingga air menyusut.
  • Balik beberapa kali agar bumbu meresap di kedua sisinya.
  • Angkat dan tiriskan.


Bahan Selimut Kremes:
125 gr tepung sagu
2 sdm munjung tepung beras
130 ml santan
170 ml air
2 sdt baking powder
1 butir kuning telur
2 siung bawang putih, haluskan
1 sdt garam
1 sdt kaldu bubuk

Cara Membuat:

  • Campur semua bahan dalam wadah, aduk hingga rata dengan menggunakan whisker.
  • Panaskan minyak dalam wajan, pastikan minyak sudah benar-benar panas, aduk-aduk adonan dengan menggunakan telapak tangan, kucurkan adonan dengan jari tangan dengan gerakan berputar dari ketinggian kurang lebih 20-25 cm di atas wajan.
  • Tuang adonan 3-4 kali kucuran setiap menggoreng.
  • Setelah adonan masuk, adonan akan menyebar.
  • Setelah adonan agak kokoh, ditandai mulai terbentuknya sarang, letakkan satu potongan ayam di salah satu tepi sarang, kemudian lipat sarang sampai menyelimuti seluruh bagian ayam.
  • Goreng hingga sarang berwarna kuning keemasan.
  • Angkat dan tiriskan. Lakukan hingga habis.
  • Siap disajikan dengan lalapan dan nasi hangat.

 
Nah bumbu ayam ungkep ini, sebenarnya bumbu ayam goreng biasa, cuma saya kadang nggak telaten nunggu bumbu meresap ke ayam. Jadi ayamnya suka saya ungkep sama bumbunya agar lebih meresap. Selain itu, daging ayam akan lebih empuk kalau diungkep lebih dulu, dengan begitu menggorengnya pun tidak perlu lama-lama karena ayam sudah matang. Nggak perlu khawatir juga kalau bagian dalam ayam tidak matang saat menggoreng karena memang ayamnya sudah matang akibat proses ungkep.

Untuk proses ungkep, ungkep ayam sampai air menyusut hampir habis. Jangan sampai habis, nanti bisa hangus. Kalau hangus, ayamnya memang tetap gurih ya, cuma rasanya jadi ada bau-bau gosyoong, hehehe.
Proses menggorengnya pun tidak perlu lama-lama, hanya sebentar saja ya. Hanya perhatikan sarangnya aja. Goreng sampai sarangnya matang, kokoh kaku dan berwarna kuning keemasan.

Rasa ayamnya gurih, empuk banget sampai bisa lepas sendiri dari tulangnya, saking lamanya ngungkep kali yah. Kremesnya pun tetep gurih dan kriuk-kriuk, nggak melempem juga meski nggak ditaruh di stoples.
Baru kali ini saya berhasil bikin kremesan yang berhasil bersarang dan nggak melempem. Malah dikira suami saya, saya beli ayam goreng kremes, nggak bikin sendiri, hehehe. Karena saya pernah membuat kremesan beberapa kali dengan berbagai resep dan selalu gagal dan melempem, nggak pernah sampai kriuk-kriuk. Alhamdulillah ini berhasil. Yuukk bikin...

Semoga bermanfaat ya ^^

Happy Cooking...





Salam,


Lisa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar