Selasa, 11 April 2017

Tongseng Ayam

Bismillahhirrahmannirrahim.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh...

Biasanya saya masak tongseng pakai daging sapi. Tapi nggak pernah sempat difoto karena keburu habis duluan buat makan. Kalau sisa dikit doang buat foto kan ya nanggung ya, hehehe.

Gara-gara challenge dari kreasi sasa beberapa waktu lalu via @uploadkompakan, saya cukup lama scroll down resep-resep di dalam website kreasi sasa, akhirnya malah nemu resep macem-macem, kepengen bikin ini-itu, hehehe. *dasar banyak maunya :D

Salah satunya adalah Tongseng Ayam. Menarik buat saya, karena setahu saya, daging yang biasa dimasak tongseng adalah daging sapi dan daging kambing. Jadi saya agak penasaran aja, gimana jadinya kalau daging ayam dimasak tongseng. Yuuk...




Tongseng Ayam
Source: kreasisasa.com

Bahan:
500 gr daging ayam, potong kecil-kecil
2 lembar kol, iris tipis
1 buah tomat, potong-potong
500 ml santan
6 bawang merah, iris tipis
1 ruas jahe, memarkan
1 batang serai, memarkan
1 ruas jari lengkuas, memarkan
2 lbr daun jeruk
3 buah cabe merah, iris tipis
4 sdm kecap manis
½ sdt merica bubuk
1 sdt garam

Bumbu halus:
3 siung bawang putih
1 ruas jari kunyit
3 butir kemiri

Cara membuat:
  • Tumis bawang merah hingga harum dan kecoklatan, masukkan bumbu halus, tumis hingga harum.
  • Masukkan cabe iris, jahe, lengkuas, serai dan daun jeruk, kemudian masukkan daging ayam, masak hingga berubah warna, masukkan kecap, aduk sebentar lalu tuang santan. Masak hingga mendidih sambil diaduk-aduk.
  • Menjelang matang, masukkan irisan kol dan tomat, masak sebentar, kemudian angkat.
  • Siap disajikan dengan nasi hangat dan taburan bawang goreng.


Ternyata rasanya enaak. Lumayanlah kalau mendadak kepengen bikin tongseng pas daging sapi lagi mahal, dan yang ada cuma ayam, hehehe.

Proses memasaknya juga cepet ya, kita tidak perlu menunggu lama agar ayam empuk, karena memang daging ayam mudah sekali lunak. Sementara untuk Tongseng sapi, perlu waktu agak lama untuk melunakkan dagingnya agar gampang dimakan dan dikunyah alias tidak liat.

Gampang banget kan cara masaknya?

Semoga bermanfaat ya^^

Happy cooking^^





Salam,


Lisa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar