Kamis, 27 April 2017

Apple Rose Puff



Bismillahhirrahmannirrahim.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh...

Kemarin seharian bikin bebungaan yang bisa dimakan, hehehe. Lebih ke penasaran sih sebenarnya. Gara-gara tema tantangan dari @cooking_baking_club adalah A_is_for_, makanya nekat bikin sesuatu dengan awalan huruf A. Eh, nggak sengaja nemu resep Apple Rose, irisan buah Apel yang dibentuk menjadi bunga mawar yang cantik. Awalnya ragu, takut nggak jadi, eh kok ya penasaran, kepikiran terus sama bunga apelnya, akhirnya nekat bikin. Yuuk...



Apple Rose Puff

Bahan:
2 buah apel
3 sdm gula pasir
1 sdm air jeruk nipis
100 ml air
200 gr Puff pastry

Filling: Selai Strawberry
Taburan: Gula Halus

Cara Membuat:

  • Cuci bersih apel, buang biji dan bagian tengah yang keras, potong dan iris tipis-tipis.
  • Didihkan air, kemudian masukkan gula pasir dan air jeruk nipis, aduk hingga gula larut.
  • Masukkan apel, rebus sebentar sekitar 2-3 menit sampai apel melunak dan lembut, dan air sedikit berkurang. Tiriskan dan dinginkan.

  • Taburi alas penggilas dengan tepung, ambil kulit puff pastry, potong sepanjang 5 x 20 cm, gilas pelan-pelan, oles dengan selai strawberry tipis-tipis di permukaannya, tata irisan apel di atas puff pastry dengan jarak setengah apel. Gulung perlahan dengan hati-hati, jangan terlalu kuat menekan supaya apel tidak berhamburan. Susun di loyang muffin yang sudah dioleh mentega.
Taburi alas penggilas dengan tepung, ambil kulit puff pastry, potong sepanjang 5 x 20 cm, gilas pelan-pelan
Oles dengan selai strawberry tipis-tipis di permukaannya
Tata irisan apel di atas puff pastry dengan jarak setengah apel
Gulung perlahan dengan hati-hati, jangan terlalu kuat menekan supaya apel tidak berhamburan.

  • Panggang dengan suhu 200’ C selama 35-45 menit hingga kuning kecoklatan dan matang.
  • Keluarkan dari oven, angin-anginkan sebentar, taburi dengan gula halus dan siap disajikan.


Resepnya saya ambil dari beberapa sumber dengan pengurangan dan penambahan sesuai dengan bahan-bahan yang ada dirumah. Jadi sudah dimodif banget sesuai dengan bahan dan selera saya.

Larutan untuk merebus Apel bisa memakai air perasan Lemon ya, saya lagi nggak ada, jadi maksa banget pakai air perasan jeruk nipis. Mungkin kalau pakai air lemon bisa lebih wangi. Untuk selainya, bebas juga, bisa pakai selai apa aja, atau bisa juga pakai butter aja untuk olesannya. Bisa ditambahkan taburan kayu manis kalau suka. Saya nggak suka, jadi sengaja skip kayu manis.

Soal irisan apel, saya masih bingung sebenarnya bagaimana ngirisnya, kemarin sih asal tipis aja. ternyata susah juga, hehehe. Hasilnya irisan apel saya nggak sama, tipis sih, cuma kadang nggak lebar atau kurang lebar sehingga mawar saya jadi nggak sama satu sama lain. Sebenarnya, satu kulit puff pastry bisa untuk 8-10 irisan apel, tapi berhubung irisan apel saya nggak sama, jadi suka-suka sayalah isinya berapa, yang penting jaraknya setengah apel. Hehehe.

Menggulungnya pun harus hati-hati dan pelan-pelan banget ya, kalau terlalu ditekan apel bisa berhamburan. Selain itu selainya bisa belepotan juga, jadi tipis-tipis saja. Jangan lupa juga untuk menyisakan setengah apel di ujung akhir untuk merekatkan gulungan. Cukup dipipih-pipihkan aja In Sya Allah menempel kok.

Saya nggak punya loyang muffin, jadi pakai loyang bolu kukus, itupun lupa nggak oles margarin, hehehe. sebenarnya nggak pakai loyang muffin atau loyang bolu kukus pun nggak apa-apa lho... Nggak akan berhamburan atau lepas sendiri, asal sudah direkatkan di ujung akhir gulungan.

Rasanya? Apel bangetlah, namanya aja Apple Rose Puff, puff pastrynya sedikit banget untuk merekatkan dan menggulung, selebihnya buah apel asli. Jadi ya apel banget, hehehe.

Saya cuma bisa bikin 12 buah Apple Rose ya, mungkin karena ukuran apel saya yang nggak sama, jadi satu gulungan bisa banyak apelnya, hehehe. O iya, rasa apelnya setelah direbus enak banget lho... saya pun sambil nggulung sambil nyemilin apelnya, hihihi. Mungkin itu kali ya salah satu penyebabnya kenapa saya cuma bisa bikin 12 buah, hehehe. Habis enak sih... Yuk bikin...

Semoga bermanfaat ya...

Happy Baking^^



Salam,



Lisa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar