Kamis, 13 April 2017

Martabak Telur isi Daging



Bismillahhirrahmannirrahim.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh...

Tadinya sih mau ikutan Daily Theme-nya @uploadkompakan yang kapan hari itu yaitu Martabak. Tapi saya terlalu asyik kelayapan sama suami, jadi malah nggak sempet bikin buat setor, padahal udah janji juga mau bikinin Martabak, secara pak suami suka telur, jadi Martabak jelas masuk hitungan favorit. Mau beli pun juga nggak sempet. Jadi malah absen, plus ditagih-tagih melulu sama pak suami.

Tapi good news-nya, saya sudah terlanjur belajar bikin Martabak Telur, jadi tetep pengen nyobain bikin Martabak meskipun nggak sempat buat setoran.



Martabak Telur isi Daging
Source: blognya bunda Nina @bund_nina
Modified by me

Bahan Kulit:
200 gr tepung terigu all purpouse (tepung segitiga biru)
¼ sdt garam
1 butir telur ayam
100 ml air
Minyak goreng secukupnya

Bahan tumis daging:
250 gr daging sapi giling
3 siung bawang putih, memarkan, cincang halus
2 sdt garam
1 sdt merica bubuk
1 sdm gula
1 sdm minyak goreng untuk menumis

Bahan isi:
4 batang daun bawang prei, iris tipis
4 butir telur ayam ukuran besar, kocok lepas
2 sdt garam
1 sdt merica bubuk

Pelengkap:
Cabe rawit hijau
Acar
Saus sambal/ tomat

Cara membuat:
Adonan kulit:

  • Campur tepung terigu, garam dan telur, aduk hingga rata.
  • Tuang air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan kalis. Jika sudah kalis stop, air tidak harus habis.
  • Timbang adonan 25-30 gr, bulat-bulatkan adonan dan rendam ke dalam minyak goreng hingga tenggelam seluruhnya, diamkan selama kurang lebih 1 jam. Sisihkan.


Adonan Daging:

  • Panaskan 1 sdm minyak goreng, tumis bawang putih hingga harum dan layu, kemudian masukkan daging giling, aduk hingga berubah warna.
  • Bumbui dengan garam, merica dan gula pasir, aduk rata. Tes rasa.
  • Masak hingga kering, angkat dan dinginkan.


Adonan Isi:

  • Dalam wadah, kocok lepas telur, masukkan semua bahan isi dan tumisan daging, campur rata.
  • Ambil satu buah adonan kulit, rentangkan dan tipiskan dengan menggunakan jari, beri 1-1.5 sendok sayur adonan isi, lipat.
  • Panaskan minyak, goreng hingga kecoklatan, angkat dan tiriskan.
  • Lakukan hingga adonan habis.




Saya berhasil lhoh, bisa bikin Martabak Telur sendiri. Meskipun bikin kulitnya nggak dilempar-lempar kayak si Mas-Mas yang jual martabak itu, hehe. Cukup dipipihkan dengan menggunakan tangan dan direntang-rentangkan pakai jari. Tadinya sih, sudah siap rolling pin, tapi lebih enakan pakai tangan dan jari sendiri, karena adonan kulitnya lentur kok. Udah sama banget kayak kulit martabak asli bikinan masnya martabak.

Yang perlu banget diperhatikan adalah bahwa adonan kulit harus benar-benar tenggelam dalam minyak goreng. Kalau khawatir terlalu banyak, bisa dipipihkan sedikit bulatannya. Fungsinya? Mungkin perendaman ke dalam minyak goreng membantu dalam elastisitas adonan, biar lentur dan bisa moloor banget gitu. Kalau sampai ada bagian yang tidak terendam minyak goreng, bagian tersebut akan mengeras lho. Jadi kulitnya nggak elastis dan nggak bisa dipipihkan nanti.

Saya dibantuin suami saya pas bagian nggorengnya. Tadinya sih pak suami ini ngeyel, kepengen nyobain ngelempar-lempar kulitnya trus langsung dilipat di atas wajan, kayak si mas-mas martabak. Tapi malah gatot, karena si kulit udah keburu mengering sebelum sempat diisi adonan isi dan dilipat. Hehehe. Akhirnya menyerah, jadi saya lipat langsung seperti amplop kemudian langsung digoreng oleh pak suami. *untung bikinnya pas libur yah :D

Saya belum nemu yah, ngelipatnya bagaimana kalau tidak langsung digoreng, jaga-jaga kalau memang memasaknya sendirian, nggak ada yang bantuin. Karena saya sempat nyoba nggak langsung digoreng, tapi ternyata si telur merembes keluar. Mungkin karena lipatan saya yang nggak rapi.

Tapi sebenarnya, cara melipat saya sudah sama banget lho sama si mas-mas yang jual martabak. *tetep ngeyel

Soal rasa, enak bangeet... Alhamdulillah berhasil. Rasanya pun sebelas dua belas sama martabaknya mas-mas yang terkenal itu. Yang utama sih, saya berhasil sukses. Alhamdulillah.

Hayuuukk bikin martabak sendiri...

Happy Cooking^^





Salam,



Lisa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar