Senin, 23 Januari 2017

Sempol Ayam



Bismillah.

Assalamu’alaikum...

Pertama kali denger nama jajanan ini, bener-bener nggak ‘ngeh’ sama sekali. Makanan apaan ini kok adik ipar saya sampai heboh pengen ngebikinin segala. *ketahuan anak jaman dulu, nggak ‘ngeh’ sama jajanan yang lagi nge-hitz, wkwkkwkw...

Jadilah malam Tahun Baru kemarin dibikinin sama adik ipar saya untuk camilan kumpul-kumpul bareng keluarga di malam Tahun Baru Masehi 2017, sayangnya, GAGAL, hahaha... Sebagian besar kami, keluarga, selain adik ipar saya, tentu nggak paham bagaimana rasanya, eh lha kok GAGAL, yaudah, tambah nggak jelaslah kami ini makan apaan rasa apaan. Hehehe...

Karena penasaran akibat asa yang tidak tersampaikan, akhirnya saya dan suami saya iseng nyari resep Sempol, Alhamdulillah ketemu dari ig @bundnina_kitchen langsung meluncur eksekusi dengan beberapa penyesuaian.



SEMPOL AYAM
Source: ig @bundnina_kitchen
Modified by me

Bahan :
350 gr ayam, fillet atau iris kecil-kecil
150 gr tepung tapioka
3 siung bawang putih
2 sdm bawang merah goreng
1 sdm garam
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt kaldu bubuk
1 butir telur
2 batang daun bawang, iris halus
1 batang seledri, iris halus
minyak goreng secukupnya

Bahan Pencelup :
2 telur kocok lepas, tambahkan sedikit garam

Cara Membuat :

  • Campur fillet ayam, bawang putih dan bawang merah goreng dalam blender dengan pisau chopper yang kecil secara bertahap, blender hingga halus.
  • Masukkan adonan ayam kedalam baskom, tambahkan garam, merica bubuk, kaldu bubuk, telur, daun bawang dan seledri. Aduk hingga rata. Lakukan test rasa dengan cara merebus sedikit adonan.
  • Olesi tangan dengan minyak goreng, ambil adonan, kepalkan di tusuk sate sambil dipadatkan. Lakukan hingga habis.
  • Rebus dalam air mendidih hingga matang, kurang lebih selama 15-20 menit.
  • Angkat dan tiriskan.
  • Gulingkan ke dalam kocokan telur hingga menutupi ke seluruh bagian sempol, kemudian goreng hingga kuning kecoklatan.
  • Angkat dan tiriskan. Siap disajikan dengan saus sambal favorit.


Alhamdulillah, ternyata begini toh rasanya Sempol Ayam, jajanan yang katanya paling hitz se-Kota Malang, hehehe. Nggak kebayang apa isinya kalau dijual dengan harga Rp 500,00. Mending kita bikin sendiri, udah pasti dan jelas isinya ayam beneran, bisa dibuat lebih besar dan tentunya lebih puas.

Alhamdulillah, semua suka, bisa dinikmati langsung dengan dicocol saus tomat maupun saus sambal favorit. Bisa juga dinikmati dengan nasi putih hangat, sesua sesuai selera saja.
Bikin sendiri yuukk...

Happy cooking ^^



Salam,


Lisa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar