Sabtu, 14 Januari 2017

Lontong



Bismillah.

Assalamu’alaikum...

Kata orang bikin Lontong itu susah, yang kurang padet-lah, yang terlalu padet-lah, yang nggak ngebentuk-lah, dan berbagai katanya-katanya yang bisa mematahkan semangat amatiran yang pengen belajar kayak saya. Tapi, disamping banyaknya katanya-katanya itu, saya sih tetep penasaran. Pengen nyobain bikin Lontong, entah bagaimana nanti hasilnya, berhasil atau gagal, itu urusan nanti. Karena nyoba ini kan bisa jadi belajar, saya jadi tahu dimana letak kekurangan dan kesalahan saya, ya kan? Ya kan?

Yuk cuuzz...

Lontong
Source: Sedap Sekejap Edisi 6/ III/ 2002
Modified by me

Bahan:
200 gr Beras
700 ml air
1 sdt garam
Daun pisang untuk membungkus
Tusuk gigi untuk menyemat daun

Cara membuat:

  • Rebus air lalu masukkan beras, masukkan garam, aduk hingga air terserap, dan menjadi aronan yang tidak terlalu lembek. Angkat dan diamkan sebentar.
  • Ambil selembar daun pisang, masukkan beberapa sendok aronan sesuai dengan ukuran daun pisang, gulung lalu sematkan kedua ujungnya dengan tusuk gigi.
  • Kukus selama kurang lebih 1 jam hingga tanak.
  • Angkat, siap disajikan.


Jangan gagal fokus sama source-nya ya... hehehe. Sumbernya memang diambil dari majalah saya jaman baheula saat saya masih seneng-senengnya beli majalah buat belajar baking. Majalah dan buku resep saya lumayan banyak yah, mengingat perkembangan socmed untuk publish resep yang belum se-viral sekarang, bahkan mungkin belum masuk ke Indonesia. Hehehe.

Ini penampakan Lontong, hasil belajar saya. Dari segi bentuknya sudah pasti nggak sempurnya, nggak bulat tetapi agak pipih. Dari segi padatnya lumayan padat, cuma ada bopeng di beberapa bagian yang perlu di laser, eh, emang wajah, hehe. Agak kurang set dalam hal memadatkan saat menggulung, maklum, aronan masih panas banget mak, jadi tangannya agak-agak tergelincir. Nggak apa-apalah ya, namanya juga first time, amatiran yang masih belajar, semoga semakin baik nantinya. 

Lontong
Kalau soal rasa In Sya Allah aman, enak, sesuai dengan yang diharapkan. Hanya bentukannya aja yang dirasa masih perlu latihan. O iya, resep ini jadinya 3 porsi ya sebenernya, tapi karena daun pisang saya kecil-kecil alias kurang lebar, jadinya pun agak banyak, sesuai dengan ukuran daun pisangnya, jadi 5 porsi kecil-kecil.

Mudah banget yah ternyata...

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ^^




Salam,



Lisa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar