Minggu, 29 Januari 2017

Orange Kugelhopf Cake



Bismillahhirrahmannirrahim.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh...

Niatnya sih cuma iseng, Kepo, nyari terjemahannya, artinya atau definisinyalah Kugelhopf itu apa, eeh malah jadi tahu macam-macam, malah jadi belajar. Hehehe.

Kugelhopf [koo-guh l-hopf, -hawpf] (N, German Cookery) is a sweetened bread, flafoured with raisin and almonds, baked in a ring-shaped mold, and usually dusted with a powdered sugar befor serving. 

Sepengetahuan saya, berdasarkan definisi dari berbagai sumber, Kugelhopf adalah semacam roti manis yang bisa disajikan plain dengan variasi cokelat acak seperti Marmer Cake yang disajikan dengan taburan gula halus diatasnya. Bisa juga dipanggang dengan tambahan kismis ataupun almond. Roti ini dipanggang atau di oven dengan loyang yang disebut Loyang Kugelhopf atau Kugelhopf Pan. Nah, Kugelhopf Pan-nya kayak apa? Kugelhopf Pan-nya mirip banget dengan Loyang yang kebanyakan disebut dengan Loyang Tulban. Entah ya, saya pun pernah membaca dari satu sumber yang menyebutkan kalau Kugelhopf Pan itu dibentuk seperti Sultan’s Turban. Mungkinkah Kugelhopf Pan itu sama dengan Loyang Tulban? Who knows? Karena segala sesuatu tentang Kugelhopf ternyata memiliki banyak versi, mulai dari originnya, historisnya, bentuk loyangnya, bahkan cara pengucapan dan penulisan kata Kugelhopf di tiap daerah yang mengklaim pemilik asli Kugelhopf pun berbeda-beda. Tetapi, secara garis besarnya, Kugelhopf lebih dekat kepada tekstur roti daripada cake.

Nah, berarti salah dong saya? Nggak apa-apa, karena saya nemu resepnya pun juga begitu adanya, lagian cake-nya hasilnya enak kok...

Yuuk, ikutan bikin...



Orange Kugelhopf Cake

Source: Sedap Sekejap Khusus Pemula Edisi 25/ V/ 05
Modified by me

Bahan:
225 gr margarin
225 gr gula pasir
4 butir telur, pisahkan kuning dan putihnya
275 gr tepung terigu
25 gr tepung maizena
2 sdt baking powder
¼ sdt garam
150 ml jus jeruk siap pakai
1 sdt kulit jeruk, didapat dari 1 buah jeruk lemon

Sirup:
100 ml jus jeruk siap pakai
2 sdm gula pasir
1 sdt air lemon

Cara Membuat:
  • Kocok margarin dan 175 gr gula pasir sampai lembut, kemudian tambahkan kuning telur satu per satu sambil terus dikocok.
  • Tambahkan tepung terigu, tepung maizena dan baking powder, aduk rata. Masukkan secara bergantian dengan jus jeruk dan kulit jeruk. Aduk rata. Sisihkan.
  • Kocok putih telur sampai setengah mengembang, kemudian tambahkan sisa gula pasir (50 gr). Kocok hingga mengembang, tambahkan garam, kemudian kocok kembali.
  • Masukkan adonan putih telur ke dalam adonan tepung sedikit demi sedikit, secara bertahap sambil diaduk rata.
  • Tuang adonan ke dalam loyang gugel yang sudah dioles margarin.
  • Panggang dengan suhu 180’ C selama 45 menit. Angkat, diamkan dalam suhu ruang selama 10 menit.
  • Rebus semua bahan sirup sampai mendidih dan mengental.
  • Oleskan cairan sirup ke atas cake dengan menggunakan kuas sambil ditepuk-tepuk agar sirup meresap ke dalam cake.
  • Siap disajikan.

Hasil cake-nya berrongga halus dan lembut banget di mulut. Lebih padat daripada Chiffon Cake dan Sponge Cake tapi lebih ringan daripada Pound Cake. Ada semburat rasa manis asamnya sirup yang di kuaskan ke atas cake. Jadi sengaja memang tidak saya taburi gula halus diatasnya agar rasa cake-nya tidak terlalu manis nantinya. Walaupun bagus buat foto sih, hehe.

Cake ini biasa disajikan sebagai teman minum kopi atau teh di pagi atau sore hari sambil ngobrol-ngobrol cantik gitu katanya. Hehe. Kugelhopf Cake ini termasuk dalam cake yang mengenyangkan, sepotong saja cukup untuk mengisi perut, tapi saya masih pengen-pengen terus, hehe. Rasa manis asamnya sirup jeruk dan lemon bikin nagih banget.

Gara-gara kepo nih, saya jadi belajar macam-macam hanya ituk cake ini saja. Hehe. Jadi penasaran, bikin Kugelhopf yang sebenarnya. Hmm, nambah PR lagi nih saya.




Happy Baking^^



Salam,


Lisa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar