Selasa, 17 Januari 2017

BOTERKOEK PANDAN



Bismillah.

Assalamu’alaikum...

Boterkoek atau Lekker Holland merupakan salah satu resep tradisional Belanda yang biasa disajikan sebagai teman minum teh maupun kopi. Boterkoek berarti ‘Butter Cake’ dalam Bahasa Belanda. Disebut demikian karena bahan utama yang diperlukan untuk membuatnya hanya terdiri dari butter, gula pasir dan tepung terigu. Boterkoek memiliki tekstur yang padat, antara cake dan cookies, sehingga termasuk dalam kategori ‘Heavy Cake’, cake yang cukup mengenyangkan, sehingga baiknya disajikan dalam ukuran kecil.

Sebenarnya nyoba bikin Boterkoek ini sudah lama, sekitar pertengahan bulan Desember 2016. Sayangnya saya terlalu rempong nyiapin ini itu untuk kedatangan orang tua saya ke Jakarta. Jadilah belum sempat nongol di blog. Daripada kelamaan, yuk ah...

Boterkoek Pandan

BOTERKOEK PANDAN
Source: @tintinrayner
Modified by me

Bahan:
200 gr margarin
140 gr gula pasir halus
1 butir telur ayam
250 gr Tepung Kunci
1 sdt pasta pandan
Chocho Chips secukupnya
Kenari kecukupnya

Cara Membuat:

  • Siapkan loyang persegi 18x18 cm, alasi bagian bawah loyang dengan kertas roti, oles bagian samping loyang dengan margarin tipis-tipis, sisihkan.
  • Kocok margarin, gula pasir, dan telur dengan kecepatan tinggi sampai mengembang dan berwarna pucat, kurang lebih 10-15 menit.
  • Masukkan pasta pandan, kocok rata.
  • Masukkan tepung terigu, aduk rata.
  • Masukkan adonan ke dalam loyang yang telah disiapkan.
  • Ratakan permukaan adonan hingga menjadi datar kemudian kerat-kerat dengan menggunakan garpu sesuai selera.
  • Olesi kuning telur, taburi dengan chocho chips dan kenari.
  • Panggang dalam suhu 180’ selama 30 menit atau hingga matang.


Namanya Boterkoek, tapi kenapa saya tidak menggunakan Butter? Masih dengan alasan yang sama, dan sudah pernah saya ceritakan juga sebelumnya, hidung saya kurang familiar dengan bau Butter yang wangi, berasa eneg. Jadi saya ganti dengan margarin semua. Resep asli modifan dari Ci Tintin Rayner menggunakan 100 gr Butter dan 100 gr Margarin. Silakan diganti demikian, sesuai selera saja. 

Tekstur dari Boterkoek ini padat dan chewy ya. Bukan empuk seperti cake tapi bukan juga keras seperti cookies. Karena tekstur Boterkoek yang padat ini, makanya makan satu potong aja berasa kenyang ya, tapi masih pengen lagi, nagih lah istilahnya, nggak cukup sepotong.

Di Belanda Boterkoek ini dibuat dalam loyang bulat yang rendah atau loyang pie dan disajikan dalam potongan diagonal seperti ketika menyajikan Pizza. Topping yang digunakan pun hanya irisan Almond. Saya membuatnya dalam loyang persegi dengan topping chocho chips dan kenari, sama kayak punya Ci Tintin Rayner, hehehe.

Next Project: Original Boterkoek ya, mau belajar dulu tapi sayanya. Soalnya saya agak penasaran dengan resep Boterkoek yang asli tanpa pasta Pandan dan topping macem-macem, see you next time...

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya...






Salam,



Lisa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar