Kamis, 26 Januari 2017

Gado - Gado



Bismillahhirrahmannirrahim.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh...

Begini nih kalau ngajak makan saya, kalau nggak puas sama apa yang dimakan, ujung-ujungnya pasti kepengen bikin sendiri. Hehehe. Jadi ceritanya, saya diajak makan sama Pak Suami, nyobain Gado-Gado di salah satu Resto Gado-Gado yang cukup terkenal di Jakarta. Nah, ada satu atau beberapa yang mungkin nggak pas sama selera lidah saya dan Pak Suami. Jadi setelah makan, kami pun sok-sok-an, mengkritisi secara diam-diam dan bisik-bisik tetangga, kenapa begini dan begitu kurang ini dan itu. Merasa tertantang-lah saya, dan langsung mengutarakan niat saya ke Pak Suami. Hasilnya? Di-Aamiin-in-laaahh... Wong Pak Suami saya juga seneng makan, hehehe...

Yuuukk...



GADO-GADO
Source: catatan-nina.blogspot.com
Modified by me

Bahan:
Lontong / ketupat *resep Lontong sudah pernah saya share sebelumnya yah
Kentang, rebus, kupas, potong-potong
Tahu dan tempe goreng
Tomat
Kacang panjang, seduh air panas
Selada
Telur rebus

Pelengkap:
Krupuk Emping
Sambal
Bawang goreng

Bahan Bumbu Gado-gado:
250 gr kacang tanah, goreng
5 siung bawang putih, goreng sebentar
100 gr gula merah, sisir halus
2 sdt garam
1 sdm gula pasir
400 ml santan instan
200 ml air

Cara Membuat Bumbu:
1. Haluskan kacang tanah, bawang putih dan gula merah.
2. Siapkan panci, letakkan bumbu yang sudah dihaluskan di dalamnya, nyalakan api dan tuang santan.
3. Tambahkan gula dan garam, masak sambil sesekali di aduk hingga bumbu halus dan mendidih. Lakukan test rasa ya.
4. Matikan api dan siap digunakan.

Penyelesaian :
1. Iris-iris bahan gado-gado, letakkan di atas piring saji.
2. Tuang bumbu dan sajikan dengan pelengkap

Ternyata, memasak Gado-Gado itu agak-agak ribet yaaa, hahaha... Sebenarnya cuma gitu doang sih, mungkin sayanya aja yang lebay. Hehehe. Yang agak memberatkan itu adalah proses mengupas kacang tanah dan membuang kulitnya setelah digoreng. Kita mesti pinter-pinter memilah agar bumbu Gado-Gado kita nantinya halus. Tapi mungkin, saya aja yang belum paham cara menggoreng dan mengupas kacang tanah. Jadi PR selanjutnya buat saya.

Untuk sayurnya, suka-suka ya, bisa ditambahin Timun, Tauge atau Kecambah, dan Kol juga. sesuai selera saja. Alhamdulilllah rasanya sesuai dengan lidah saya dan Pak Suami, dan lagi, lebih puas juga, mau dibanyakin sayurnya atau bumbunya mah bebaass, hahaha.




Happy Cooking,

Semoga Bermanfaat ya ^^







Salam,




Lisa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar