Jumat, 20 Oktober 2017

Pepes Ikan Salem



Bismillahhirrahmannirrahim.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh...

Ini salah satu menu favorit kami, menu tradisional yang selalu ingin kami pertahankan, karena pasti enaknya dan cocok di lidah. Jarang nemu beginian di warung, apalagi pas masih tinggal di Duri, Riau, nggak bakal ada yang kayak gini, hehehe.

Satu-satunya jalan ya bikin sendiri, lumayan sering masak ini di rumah, tapi nggak pernah kefoto, malu nunjukinnya. Saya termasuk yang nggak ahli dalam hal bungkus-membungkus pakai daun, yang tumpah pas mbungkusinnya, bocor, sobek, adaaa aja, nggak pernah bisa rapi, asal terbungkus, asal jadi aja.

Jadi, abaikan penampakannya yang nggak rapi ya, ini udah dibagus-bagusin. Demi... pengen lhoo sekali-sekali motret pepes andalan keluarga. Resepnya dari siapa? Dari ibu saya. tapi ini gampaaang banget, tapi ikannya harus Ikan Salem, biar klop sama gurihnya. Saya belum pernah nyoba sih buat bikin pake jenis ikan lain. Maybe next time...



Pepes Ikan Salem

Bahan:
3 ekor ikan Salem ukuran sedang
2 buah cabe keriting, iris tipis
Daun pisang secukupnya
Tusuk gigi secukupnya

Bumbu halus:
3 buah tomat
4 butir bawang merah
4 siung bawang putih
3 butir kemiri, sangrai

Cara Membuat:

  • Cuci bersih Ikan Salem, bagi dua, buang kotoran dan tulang ikan bagian tengah dan duri di sisi atas dan bawah. Sisihkan.
  • Ambil daun pisang, ambil satu sisi Ikan Salem, tambahkan 2-3 sdm bumbu halus, bungkus dan sematkan kedua sisinya dengan tusuk gigi.
  • Kukus selama kurang lebih 30 menit atau hingga matang.
  • Angkat, siap disajikan.



Gampang banget kaaann... Masak Pepes Ikan Salem ini, sayurnya pakai Sayur Bening Bayam atau Sayur Bobor Bayam, maknyuuuss... nambah terus nanti nasinya.
Yuuk masak...


Happy Cooking ^^




Salam,

Lisa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar