Kamis, 19 Oktober 2017

Chocolate Chiffon Cake



Bismillahhirrahmannirrahim.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh...

Yassalam... niat posting hanya tinggal angan-angan, sibuk di dapur mulu, kelar jeprat –jepret bentar, malem udah capek maubuka laptop, begitu seterusnya, hehehe... Lama iiihhh, yuukk...

Chiffon Cake adalah salah satu jenis cake yang seriiing banget saya bikin dirumah. Pertama kali bikin Chiffon Cake adalah karena nyobain loyang baru. Yes, hariii gini baru bikin chiffon cake? Yes, saya agak-agak gimana gituuu bikin cake yang mengandung banyak telur, apalagi membuatnya pakai teknik pisah telur. Termasuk teknik yang baru banget saya pelajari. Chiffon cake lumayan mengandung banyak telur ya, buat saya. Jadi kalau gagal itu rasanya nyesek gitu. Hehehe. Jadi baru berani nyobain setelah mempelajari resepnya berulang-ulang dari banyak sumber. Trus baru beli loyangnya.

Chiffon Cake pertama yang saya buat adalah Chocolate Chiffon Cake. Jangan ditanya kapan bikinnya, udah lamaaaa, feed pertama kali upload ya di instagram saya. Setelah saya cek, ternyata awal Juni 2017. Hahaha udah lama bangeeet kan? Saya mah sok sibuk banget... Lebih asyik nguprek di dapur trus mainan instagram daripada harus buka laptop buat posting. Hehehe. Jadi aktivitas blogging pun jadi sedikit terlupakan.



Chocolate Chiffon Cake
Source: tintin rayner 

Bahan:
Bahan A:
25 gr cokelat bubuk
85 ml susu cair putih
50 gr DCC, lelehkan
55 gr minyak goreng
½ sdt pasta cokelat
100 gr tepung terigu protein rendah
½ sdt baking powder
6 butir kuning telur
25 gr Chocochips

Bahan B:
6 butir putih telur
140 gr gula pasir
½ sdt cream of tar-tar
¼ sdt garam

Cara Membuat:
Adonan I:

  • Larutkan cokelat bubuk di dalam susu cair panas, tambahkan DCC, minyak goreng dan pasta cokelat, aduk rata, sisihkan.
  • Masukkan tepung terigu dan baking powder sedikit demi sedikit, sambil diaduk dengan menggunakan whisker.
  • Tambahkan kuning telur, aduk rata, sisihkan.


Adonan II:

  • Kocok putih telur dan cream of tar-tar sampai mulai berbusa, masukkan gula pasir 3 kali secara bertahap sambil terus dikocok sampai mengembang stiff peak, jika baskom dibalik, adonan tidak akan tumpah.
  • Masukkan Adonan II ke Adonan I secara bertahap 3-4 kali sambil diaduk menggunakan spatula dengan teknik aduk lipat (folding).
  • Masukkan Chocochips, aduk asal rata.
  • Tuang dalam loyang chiffon tanpa dioles apapun.
  • Panggang dengan suhu 160’ selama 55 menit atau hingga matang.
  • Keluarkan dari oven, segera tangkupkan di atas botol, tunggu hingga mencapai suhu ruang, sisir dengan pisau atau spatula chiffon di sekelilingnya.
  • Siap disajikan.



Ternyata saya bikinnya udah kesorean banget yaaa... nggak nyangka aja kalau fase nunggingnya membutuhkan waktu lumayan lama, sementara matahari udah keburu tenggelam, jadi motretnya pun gelap-gelapan, noise pula. Jadi jangan dicontoh ya, hihihi. Niatkan bikin Chiffon cake agak pagi atau siang agar bisa pepotoan pas matahari masih ada. 

Saya pakai taburan chococips, jadi semakin nyoklat rasanya. Tapi ngirisnya harus hati-hati ya, kalau sudah set, dia nggak bakalan colaps, cuma kalau masih hangat pas ngirisnya, chococips ikuta basah karena proses pemanggangan, jadi agak-agak lengket di pisau. Buat di foto pun jadi kelihatan melebar kemana-mana bekas chococipsnya. Jadi, baiknya tunggu dingin dulu ya...

Happy Baking ^^


Salam,



Lisa.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar