Selasa, 14 Februari 2017

Blueberry Streusel Bread



Bismillahhirrahmannirrahim.
 
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh...

Pengen nyobain bikin Blueberry Streusel kayak punya ci Tintin Rayner yang menul-menul cantik itu, tapi saya nggak pake resep yang dipake cici Tintin Rayner buat bikin Blueberry Streusel. Bingung ya? Gampangnya, saya ganti resep adonan rotinya pake resep KSB-nya ci Tintin Rayner, tetep ya pakai punya cici idola, hehehe. Saya masih belum bisa moved on dari resep KSB, takaran per porsinya masih saya utak-atik biar jadi size yang edible, nggak kebesaran, nggak juga kekecilan, tapi cukup secara size, tapi tetep empuk dan yummy, maunya sih gitu, tapi selalu adaaa aja yang nggak pas, bikin gemes dan penasaran. Jadi perlu lebih banyak belajar dan jadi punya banyak PR baking. Tapi saya sama sekali nggak merasa terbebani meskipun punya banyak PR baking, justru senengnya luar biasa, hahaha. *maunya mainan terus



Blueberry Streusel Bread
Source: ig @tintinrayner
Modified by me

Bahan A:
245 gr Tepung Cakra (200 gr Tepung Cakra + 45 gr Tepung Segitiga)
15 gr susu bubuk
36 gr gula pasir
6 gr ragi instant (fermipan)
180 ml cairan(1 btr telur + 20 gr whipped cream + susu cair (saya pakai susu ultra full cream))

Bahan B:
30 gr margarin (blueband serbaguna)
2 gr garam

Filling: Selai Blueberry

Olesan: 1 butir kuning telur

Bahan Crumble/ Streusel:
20 gr margarin
18 gr gula halus
5 gr susu bubuk
40 gr Tepung Kunci

Bahan Cream Cheese Topping:
18 gr margarin
40 gr cream cheese
30 gr gula halus

Cara Membuat:

  • Campur semua bahan A, masukkan cairan pelan-pelan, stop jika dirasa sudah cukup, kemudian uleni sampai setengah kalis, adonan tidak menempel pada baskom (cairan tidak harus habis).
  • Tambahkan bahan B, uleni kembali hingga kalis elastis, lembut, molor.
  • Timbang adonan per 30 gr, bulat-bulatkan.
  • Gilas adonan, isi dengan Selai Blueberry, bentuk memanjang seperti guling, diamkan 40-60 menit, sampai mengembang 2x lipat.
  • Olesi permukaannya dengan kuning telur, semprotkan zigzag Topping Blueberry, Topping Cream Cheese, dan taburi dengan crumble/streusel.
  • Oven dengan suhu 180’ C selama 13-15 menit atau hingga matang.
  • Keluarkan dari oven, angin-anginkan sebentar dan siap disajikan.
Proses Proofing |  Jadi menul-menul cantik dan nggemesin yaa :)

Blueberry Toppingnya nggak kelihatan :(


Kecil-kecil roti saya? Enggak kok sebenarnya, kalau kata suami sih, pas, tapi sepertinya perlu ditimbang per 40 gr atau 50 gr, biar pas sama bajunya, hehehe. Kok nggak kayak ci Tintin yang per 60 gr? Kekenyangan bo! Jadinya gedhe banget kalau berdasarkan timbangannya ci Tintin. Jadinya kami yang makan merasa kurang nikmat gitu, jadi size-nya diperkecil biar enakan. Mau nambah pun nggak merasa bersalah karena ukurannya kecil. Kalau besar kan kelihatan wah gitu, hehehe.

Blueberry Topping saya nggak kelihatan ya? Mungkin perlu cari merk lain biar kelihatan pas difoto. (*Foto mulu yang dipikirin :D) Saya jadi penasaran pengen bikin lagi pakai rasa yang berbeda. Tujuan utamanya sih, buat foto, hahaha. (*Foto lagi).

Untuk urusan rasa, nggak usah diragukan lagi, enak banget, gemes juga sama crumble atau streusel-nya. Seneng deh mantengin dan kepoin ig-nya ci Tintin, jadi banyak belajar.





Happy Baking^^





Lisa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar