Kamis, 19 Maret 2015

Pesmol Ikan Lele



Ikan Lele lagi? Hehehe, posting cooking diary sebelumnya dengan bahan dasar Ikan Lele ada disini. Dan sekarang Ikan Lele lagi, hehehe. Kebetulan tukang sayur langganan saya bawa Ikan Lele, jadilah saya beli Ikan Lele itu dan mencoba mencari-cari resep, mau diolah seperti apa.  Saya bukan ahlinya dalam hal masak-memasak ya, saya juga masih dalam tahap belajar. Dan bagi saya menghafalkan resep itu tidak wajib, karena nggak ada ujiannya cyiin, jadi nggak apa-apa nggak dihafalin. Alibi malas! Hahaha. Jadilah saya tiap memasak selalu menggunakan panduan resep untuk masakan-masakan yang memerlukan bumbu yang beraneka ragam. Kebetulan waktu itu di downloadkan suami di smartphone saya, aplikasi android, masak apa. Ketemulah resep Pesmol Ikan Lele. Ini dia resepnya


Bahan:

I kg Ikan Lele

1 siung bawang putih parut

2 sdm air jeruk nipis

Minyak goreng

3 sdm minyak sayur

1 batang serai, memarkan

1 lembar daun salam

1 cm lengkuas, memarkan

1 buah cabe merah, iris kasar

1 buah cabe hijau, iris kasar

200 ml air


Haluskan:

4 butir kemiri

2 cm kunyit

1 cm jahe

1 buah cabe merah keriting

6 siung bawang merah

4 siung bawang putih

Gula dan garam secukupnya



Cara Memasak:

  1. Bersihkan dan kerat-kerat ikan lele hingga tidak berlendir. Potong 1 ekor ikan menjadi 2 bagian atau sesuai selera.
  2. Remas-remas ikan lele dengan bawang putih parut, garam dan air jeruk nipis. Diamkan selama 30 menit.
  3. Goreng ikan dalam minyak panas hingga agak kering dan matang. Angkat tiriskan.
  4. Tumis bumbu halus hingga wangi, tambahkan serai, lengkuas, daun salam dan cabai. Aduk hingga layu.
  5. Tambahkan air. Didihkan.
  6. Masukkan ikan Lele goreng, aduk hingga mendidih. Angkat, sajikan hangat.




Seperti biasa, saya melakukan sedikit modifikasi pada resep-resep masakan yang saya olah sesuai dengan selera saya. Untuk menggoreng ikan lele, saya tidak menggunakan parutan bawang putih, garam dan jeruk nipis, melainkan ulegkan 3 siung bawang putih, 1 sdt ketumbar, 1 sdt garam dan air secukupnya sampai ilkan terendam dan saya diamkan agak lama. Bumbu ulegkan ini berlaku umum ya, bisa untuk ikan, ayam, daging, tempe, tahu atau lauk apapun sebelum digoreng. Bisa dikatakan ini bumbu standar sebelum menggoreng ya
Karena saya tidak menyukai masakan pedas, maka saat memasak pun saya menghilangkan komponen cabai dari list bahan dan  selanjutnya ya tinggal mengikuti langkah sesuai resepnya.  Alhasil, rasa Ikan Lele yang menyatu dengan bumbu pesmol yang gurih dinikmati dengan sepiring nasi putih hangat. Sedaapp

Bagaimana? Mudah bukan cara membuatnya? Silakan dicoba dirumah




Salam,

Arlisa Jati
 

3 komentar:

  1. Mau bikin pengakuan. Belum pernah makan ikan lele

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masa ih mas Ryan belum pernah sama sekali? Dari lahir sampai sekarang? Enaak lhooo padahaal, cobain deh,, :-D

      Hapus
  2. CV Bahagia Sukses Makmur adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang kontraktor, vendor dan jasa jual sewa berbagai macam tenda untuk perusahaan maupun perorangan yang ingin mengadakan acara maupun kegiatannya seperti :

    - wedding (pernikahan)

    - launching produk

    - grand opening (pembukaan)

    - peresmian bazar

    - bazar

    - frestival, DLL.



    Kami menyediakan berbagai macam tenda yang dapat anda custom dengan menambahkan berbagai macam ornamen seperti jenda dan pintu pada dining dan atap yang terbuat dari mika.

    Jenis tenda yang kami jual dan sewakan salah satunya adalah jenis tenda sarnafil. Tenda sarnafil adalah jenis tenda promosi, event, ataupu bazar, dengan bentuk atap kerucut yang dapat dibuka dan ditutup.

    Tenda ini sangat mirip dengan tenda kerucut namun yang menjadi pembedanya adalah jenis kerangka yang digunakan. tenda sarnafil ini menggunakan rangka alumunium, sisa dapatb terbuka dan tertutup.

    Tenda jenis ini dapat digunakan untuk :

    - berbagai macam kegiatan

    - bazar, seminar maupun seminar.

    Desain tenda sarnafil dapat disesuaikan dengan keinginan anda dan tersedia dalam berbagai ukuran yaitu 3x3m, 4x4m, dan 5x5m. dengan tinggi kaki 2m/2,5m.



    Spesifikasi tenda sarnafil :

    Rangka alumunium, atap dan dinding 410 gr / atap 550 dinding 410 gr, Dapat ditambahkan berbagai macam ornamen ataupun ditambahkan printing logo pada atap dan dindingnya.





    Perusahaan kami telah berpengalaman dalam Membuat berbagai macam tenda. Untuk konsultasi lebih lanjut anda bisa hubungi kami di : Telp/WA 081316140397 RAHMA.
    *untuk jasa pengiriman kami melayani seluruh pulau.



    #tendamurah #sewatendamurah #jualtenda #jualtendamurah #jualsewatenda #jualsewatendamurah #tendamembran #tendahanggar #tendasarnafil #tendabazar #tendakerucut #tendagudang #tendajualan #tendadarurat #tendavaksin #tendaevent #tendaroder #tendapabrik #tendacafe #tendajabodetabek #tendatangerang #tendabogor #tendalaris #tendakerucut #tendapameran #tendakarnaval #tendavaksinasi #tendakerucut #tenda #jualtenda #jualtendajakarta #tendasarnafil #tendaseminar #tendapromosi #tendapromosimurah #tendapromosijabodetabek
    https://tendagudangjakarta.blogspot.com/

    BalasHapus