Selasa, 22 November 2016

Soft Bread Pizza Roll


Bismillahhirrahmannirrahim...

Assalamu’alaykum...

Akhirnya ketemu laptop lagi, setelah aktivitas gedebag-gedebug di dapur. Masak, baking dan segala aktivitas di dapur sih maksudnya. Hehehe. Sesuai dengan janji saya, saya akan share resep Pizza Roll yang beberapa hari lalu sempat nongol di ig saya. Resepnya sendiri sudah pernah saya tuliskan di blog ini. Boleh cek kesana dulu, atau bisa juga cek disini. Yuk ah...

Ini merupakan kedua kalinya saya membuat Pizza Roll, jadi InshaAllah saya masih ingat sama euforia keberhasilan saya membuat roti pertama kali. So, apa bedanya dengan resep Pizza Roll sebelumnya? Beda. Kelihatannya sepele tapi cukup signifikan. Resep yang ini pakai whipped cream. Di resep aslinya pun sudah di jelaskan oleh ci @tintinrayner kalau whipped cream tidak boleh di skip, tapi, saya nekat aja baking tanpa whipped cream karena memang lagi nggak ada stok. Alhamdulillah berhasil, serupa tapi tak sama. Bedanya terletak dari kelembutan dan empuknya roti. Menurut saya, nggak pakai whipped cream aja udah empuk dan tahan berhari-hari. Tapi ketika saya pakai komposisi asli sesuai resep dengan menambahkan whipped cream, bener-bener deh, berasa pakai resep yang lain. Rotinya jadi lembuut banget, lebih dan lebiih empuk, enak banget-banget-lah. Makanya judulnya pun saya tambahin depannya dengan Soft Bread, untuk membedakan dan memudahkan pemahaman kalau ini hasilnya kan lebih empuk dari resep Pizza Roll sebelumnya. 

Pizza Roll
Soft Bread Pizza Roll
Source: ig @tintinrayner
Modified by me

Bahan:
245 gr Tepung Cakra (200 gr Tepung Cakra + 45 gr Tepung Segitiga)
15 gr susu bubuk
36 gr gula pasir
6 gr ragi instant (fermipan)
180 ml cairan(1 btr telur + 20 gr whipped cream + susu cair (saya pakai susu ultra full cream))
30 gr blue band serbaguna
2 gr garam

Isian:
1 siung bawang bombay, cincang halus
Sosis
Parutan Keju secukupnya
Saus instant Bolognaise (Pronas)
Mayonaise (Mayumi)
1 btr kuning telur untuk olesan

Cara Membuat:
  • Tumis bawang bombay hingga harum dan agak layu, masukkan saus bolognaise instant (Pronas), masak hingga matang, sisihkan.
  • Mixer atau uleni semua bahan kecuali margarin dan garam sampai mulai kalis.
  • Tuang cairan pelan-pelan, jika dirasa sudah cukup, stop.
  • Masukkan margarin dan garam, uleni hingga kalis elastis.
  • Gilas adonan, pipihkan berbentuk persegi panjang.
  • Olesi dengan saus secara berurutan, yaitu mayonaise, saus bolognaise yang sudah dimasak, sosis dan taburan keju.
  • Gulung adonan pelan-pelan, potong-potong sekitar jarak 3 cm, atur dalam loyang teflon.
  • Diamkan sampai mengembang 2x lipat, sekitar 1 jam. Semakin hangat suhu ruang akan semakin cepat mengembang.
  • Oles permukaan adonan dengan eggwash (kuning telur).
  • Panggang dalam suhu 180 derajad selama 25 menit atau hingga matang.
  • Keluarkan dari dalam oven, angin – anginkan diatas cooling rack, potong-potong dan siap dihidangkan.
Untuk butter saya ganti dengan margarin blue band serbaguna ya, karena saya kurang suka dengan butter. Jadi sebagian besar resep yang sudah saya coba, butternya akan saya ganti dengan margarin blue band serbaguna. Alhamdulillah semua penggantian itu tidak berefek banyak kalau menurut saya, karena tetap berhasil aja saya baking sampai sekarang. Hehehe. Mungkin wangi kue saat matang aja yang berbeda, karena penambahan butter memberikan efek hasil baking lebih harum daripada hanya menggunakan margarin serbaguna biasa. Saya nggak tahu kenapa saya agak nggak tahan dengan bau butter. Bagi sebagian orang mungkin oke-oke aja dengan bau butter yang khas, wangi, tapi tidak dengan saya, baik mentah maupun sudah bercampur dengan kue yang sudah matang. Rasanya enek aja baunya. Yah, jadi curhat... Oke stop!

Untuk Saus Bolognaisenya saya pakai yang instant ya, kalau bikin sendiri bisa sih, sayangnya susah banget nyari pasta tomat disini. Saya aja yang belum nemu sepertinya. Untuk merk sausnya bebas, kalau saya pakainya Pronas, lebih murah daripada La Fonte, tapi dagingnya lebih banyak, jadi lumayan kan, nggak perlu nambahin korned, hehehe. 

O iya, mayonaisenya jangan di skip ya, oles tipis-tipis saja di bagian dasar agar ada sensasi asin-asin gurihnya. Untuk topping-nya juga suka-suka ya, kalau saya cuma pakai sosis dan keju aja.

Pizza Roll

Semoga bermanfaat ^^

Happy Baking ^^



Salam,




Lisa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar