Kamis, 10 November 2016

Masih Ragu Buat Motret Pakai HP?



Bismillah...

Assalamu’alaikum...

Ketemu lagi... Saatnya posting keseruan workshop @yukbelajarbareng “Motret Pakai HP Saja”. Buat yang masiiih aja nyari-nyari alasan, ngeles nggak punya kamera atau masih ragu-ragu buat motret pakai HP, silakan meyakinkan diri sendiri untuk Motret pakai HP, Kenapa Enggak?. Semoga bisa memberikan sedikit pencerahan.

Nah, sekarang, saya akan mencoba me-review keseruan workshop @yukbelajarbareng “Motret Pakai HP Saja” supaya teman-teman semua ikutan terjangkit #virusmotertpakaihp kayak saya. Hihihi.

Sebagai seorang pendatang di ibukota, saya memiliki kecenderungan untuk mencoba segala sesuatu selama saya masih tinggal disitu, ya kotanya, wisatanya, orang-orangnya, makanannya, dan lain-lain. Sebagian pengalaman itu saya bagikan via blog saya ini, termasuk pengalaman traveling saya di kota orang yang saya tuliskan dalam traveling diary. Nah, ikut workshop @yukbelajarbareng yang ke-6 merupakan bagian dari ke-kepo-an saya terhadap apa yang ada di ibukota. Hehehe.

Workshop yang saya ikuti ini berlokasi di Abuba Steak Tebet (New) lantai 2, yang membuat saya pengen ngajak suami saya buat nyobain makan disitu. Lokasinya yang strategis, membuat lokasi ini mudah ditemukan. Area dining hall-nya yang luas, bersih, rapi dan serba kayu baik indoor maupun outdoor tertata apik membuat customer nyaman untuk berlama-lama berada disana. Selain itu, plusnya adalah, bisa banget buat foto-foto! Hehehe. Mungkin itu kali yah, salah satu alasannya mengapa panitia milih lokasi disitu. *sotoy!

Sebelum mengikuti workshop-nya, para peserta yang sudah terdaftar akan dibagi dan dikelompokkan kedalam beberapa kelompok sesuai dengan produk yang dijual (untuk owner olshop) atau konten yang sering dibahas dalam blog (untuk blogger). Fungsi pembentukan kelompok ini adalah untuk memudahkan ketika peserta belajar styling. Sehingga, anggota kelompok dapat saling diskusi dan sharing tentang tema styling berdasarkan produk yang dijadikan obyek foto. Agar lebih efektif, peserta hanya diperbolehkan bergabung dalam satu kelompok saja. Daftar pilihan kelompok adalah daftar yang diolah oleh panitia berdasarkan informasi dari format pendaftaran yang telah diisi oleh peserta di awal pendaftaran. Jadi, yang mengelompokkan bukan panitianya ya, tapi peserta yang memilih sendiri ingin bergabung ke kelompok yang mana. Karena untuk blogger galau campursari seperti saya yang semua-muanya maunya dimasukkan ke blog, cukup bingung juga pengen masuk ke kelompok yang mana, jadi terpaksa harus memilih salah satu. Tapi, pada saat praktek, peserta boleh kok untuk jalan-jalan kesana-kemari melihat proses styling dari kelompok lain. Pada akhirnya, kita bisa juga mempelajari semuanya, karena semua hasil styling kelompok dan mandiri peserta kan dievaluasi oleh Mbak Ariana, jadi nggak usah pusing mikirin kelompok, cukup dipilih sesuai minatnya aja, maunya belajar yang mana.

Kegiatan styling dan photoshoot peserta #ybb6

Kegiatan styling dan photoshoot peserta #ybb6 | On frame: Mb Widi

Yang nggak boleh ketinggalan adalah smartphone (yaiyalah, namanya aja workshop motret pakai HP saja!) beserta charger HP dan power bank masing-masing. Pastikan juga smartphone yang dibawa telah ter-install aplikasi SNAPSEED dan VSCO yang bisa di-download via Play Store maupun App Store karena proses editing akan menggunakan dua aplikasi tersebut.

Yang wajib juga adalah membawa mukena masing-masing bagi peserta yang sholat. Karena workshop akan berlangsung sampai siang. Jadi peserta dapat bergantian sholat dan makan siang saat istirahat. Btw, menu makan siangnya enak lho, walaupun saya nggak tahu itu menu makan siangnya apa namanya. Hehehe.

Ilmu dari workshop @yukbelajarbareng nggak boleh berhenti saat workshop aja lho, tapi ada kelanjutannya juga. Panitia memfasilitasi ‘PR’ untuk peserta workshop dengan rules tertentu dan di-upload via ig atau ke nomor WA panitia (bagi yang tidak memiliki ig)sesuai dengan jangka waktu yang telah ditentukan. PR yang dimaksud adalah setiap peserta diharapkan untuk melakukan praktek styling dan editing sendiri dirumah dengan menggunakan properti masing-masing. Yang menjadi obyek foto adalah produk jualan (untuk owner olshop) atau obyek yang akan atau sering dibahas di blog (untuk blogger). Evaluasinya? Akan dipilih 2 peserta yang berhak konsultasi private dengan Mbak Ariana via online chat. Asyik kan?

Jadi, mengapa kita tidak memaksimalkan smartphone yang kita punya aja untuk keperluan fotografi kita?
O iya, satu lagi, workshop @yukbelajarbareng masih terus berlangsung lho. Cuzz... kepoin ig-nya untuk tahu jadwal workshop dan cara daftarnya ya. Jangan sampai ketinggalan, pastikan teman-teman kena #virusmotretpakaihp juga kayak saya. Sekian dulu review workshop @yukbelajarbareng dari saya, saya mau ngerjain PR dulu. Doakan saya terpilih untuk konsultasi private dengan Mbak Ariana yaa...

Styling Mb Widi | Editing Lisa



Salam,




Lisa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar