Kamis, 17 November 2016

Kit Kat Brownies




Bismillah...

Assalamu’alaykum...

Saya sedang nyoba-nyobain bikin brownies panggang nih, dan ini merupakan kali kedua saya baking brownies panggang. Iya, yang panggang, kalau yang kukus mah udah sering ya, sudah fasih kali yaa sayanya, soalnya sudah pernah combine mocca, pandan, keju, macem-macemlah, sayangnya belum ada giliran nongol aja di blog,hehehe. Next time deh ya...

Ngomongin brownies panggang nih, percobaan pertama, saya sempet raguu banget, takut nggak jadi, takut gagal, nggak kemakan, dan lain-lain. Ya, dilema percobaan pertama kalilah. Tapi akhirnya nekat juga sih. Alhamdulillah bisa dibilang sukses, walaupun sempet diwarnai sedikit drama juga di step akhir yang bikin sedih dan nyesel. *Hiks. Di step terakhir, harusnya, brownies baru dikeluarkan dari loyang dan boleh dipotong-potong setelah dingin dan set, karena ternyata perlu waktu untuk bisa set sempurna. Nah saya, saking nggak sabarannya pengen cepet-cepet di potong-potong, dan hap, setelah beberapa saat agak dingin, browniesnya nggak mau keluar dari loyang saat dibalik. Panik dong saya, saya pun mulai mengeluarkan segala cara biar mau lepas, akhirnya setelah penuh dengan paksaan sana-sini, browniesnya berhasil keluar dengan gompel pemirsaah. Huaaa, berasa pengen nangis guling-guling. Nyeseel... Tapi, Alhamdulillahnya, walaupun bentuknya nggak karu-karuan, langsung dikekepin suami dan ludes dalam waktu sehari. Nggak jadi sedih, hehehe. *Jadi kemana-mana ceritanya.

Nah, karena merasa sudah berhasil nih, sesuai dengan janji saya, saya akan tuliskan resep Kit Kat Brownies-nya ya. Sebelum saya sempat posting di blog ini, Kit Kat Brownies saya sudah mejeng duluan di instagram pribadi saya minggu lalu, khusus buat setor PR #yukbelajarbareng6, Motret Pakai HP, Kenapa Enggak?

Daripada kelamaan ngoceh, langsung aja yuk...

Kit Kat Brownies


Kit Kat Brownies
Source: Bunda Nina (catatan-nina.blogspot.com)

Bahan:
115 gr butter
200 gr dark cooking chocholate, potong-potong
3 butir telur ukuran besar
225 gr gula pasir halus
130 gr tepung terigu protein sedang
20 gr cokelat bubuk
150 gr kit kat, potong-potong

Cara Membuat:

  • Panaskan oven 190’C, siapkan loyang 18 x 18 cm, oles permukaan dan sisi-sisinya dengan margarin, alasi kertas roti, kemudian olesi kembali dengan margarin, sisihkan.
  • Campu dan ayak tepung terigu dan cokelat bubuk, sisishkan.
  • Lelehkan butter dan dark cooking chocholate, aduk rata hingga licin, angkat dari api.
  • Masukkan gula pasir, aduk rata dengan mixer kecepatan rendah.
  • Masukkan telur, aduk hingga rata.
  • Masukkan campuran tepung secara bertahap dan sebagian Kit Kat, aduk hingga rata sebentar saja, jangan overmix.
  • Yuang ke dalam loyang, ratakan dengan cara digoyang-goyangkan atau diketuk-ketuk. Taburi dengan sisa Kit Kat.
  • Panggang dengan suhu 190’C selama 20 menit di rak atas.
  • Turunkan suhu di 150’C, pindahkan pemanggangan di rak tengah atau bawah selama 20-25 menit atau hingga matang.
  • Keluarkan dari oven, dinginkan, baru potong-potong.

Step terakhir penting banget yaa... biar kesalahan saya nggak terulang lagi. Setelah matang, tekstur brownies  tampak belum set, tapi sudah cukup kokoh lho. Tapi ingat, harus sabar, tunggu sampai dingin, baru dikeluarkan dan dipotong-potong. Brownies akan set dengan sendirinya setelah dingin. Resep Kit Kat Brownies ini menghasilkan brownies yang agak-agak ‘chewy’ tapi tetep nyoklat banget. Nah, kalau suka yang agak kering, boleh agak lama saat proses pemanggangan, tapi tetap harus dipantau ya biar nggak gosong.

Oke, semoga bermanfaat yaa..

Happy Baking ^^

Kit Kat Brownies



Salam,


Lisa.

2 komentar:

  1. tatakan bentuk daunnya lucu bgt mba *salah fokus*... terlihat enak browniesnya, bisa disimpen nih resepnya buat percobaan. thanks sharingnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe... coba bikin mbak, sapa tahu cocok di lidah :D

      Hapus