Rabu, 30 Desember 2015

Sam Poo Kong



Assalamualaikum...

Image Source

Sudah pernah jalan-jalan ke kota Semarang? Atau masih belum paham Kota Semarang itu dimana? Yap, betul. Kota Semarang adalah ibu kota provinsi Jawa Tengah. Kota Semarang juga merupakan salah satu ibu kota provinsi yang memiliki nilai budaya yang unik. 

Bulan kemarin, saya berkesempatan jalan-jalan ke Kota Semarang. Saya berkesempatan mengunjungi Sam Poo Kong. Sam Poo Kong adalah sebuah kelenteng yang terletak di daerah Simongan, sebelah barat daya Kota Semarang. Kelenteng Sam Poo Kong memiliki nilai sejarah yang berhubungan dengan Laksamana Zheng He / Cheng Ho. Laksamana Cheng Ho adalah seorang pelaut Muslim dari China yang terkenal dengan perjalanannya ke berbagai penjuru dunia dengan membawa misi damai. Nah, Kelenteng Sam Poo Kong ini dikenal sebagai sebuah petilasan, yaitu bekas tempat persinggahan dan pendaratan pertama laksamana Cheng Ho. 

Image Source

Kelenteng Sam Poo Kong terdiri dari beberapa bangunan dengan arsitekstur khas China yang didominasi oleh warna merah khas China dan dihiasi oleh lampion yang juga berwarna merah. Di Sam Poo Kong terdapat pula relief yang menceritakan perjalanan Laksamana Cheng Ho. Yang tidak kalah menarik adalah dibangunnya patung raksasa Laksamana Cheng Ho dengan ketinggian lebih dari 10 m yang menjadi ikon pariwisata Kota Semarang. Selain itu, terdapat juga patung-patung dewa-dewi dengan ukuran yang lebih kecil di depan bangunan kelenteng.



Satu lagi yang unik dan menarik, di dalam area Kelenteng Sam Po Kong, terdapat kios yang menyediakan jasa foto costume dimana kita bisa menyewa pakaian-pakaian adat China seperti di film-film China beserta pernak-perniknya. Jadi, kita bisa melakukan foto dengan menggunakan kostum China dan bergaya ala-ala orang China seperti di film-film silat China. Menarik kan?

Dengan tiket masuk seharga Rp 3.000 / orang untuk wisatawan domestik, kita bisa menikmati keindahan arsitekstur kelenteng khas China dan mempelajari relief yang menceritakan perjalanan Laksamana Cheng Ho. Sementara untuk wisatawan mancanegara akan dikenai tarif sebesar Rp 10.000 / orang.

Bagaimana? Tertarik?

Sempatkan mengunjungi kelenteng Sam Poo Kong jika sedang berada di sekitar Kota Semarang dan nikmati nuansa daratan China melalui keindahan arsitektur bangunan kelenteng Sam Poo Kong.




Nb: Saking panasnya Semarang, saya sampai nggak sanggup mau banyak-banyak ngambil foto. Fyi, saya kesana pas siang hari dan matahari sedang panas-panasnya.





Salam,

Lisa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar