Minggu, 13 Desember 2015

Martabak House – Semarang



Halo-haloo, Assalamualaikum...

Weekend itu enaknya ngomongin kuliner dan travelling ya... Iyalaah, yang santai-santai dan bikin relaxes tentunya. Kenapa? Karena bebas dari rutinitas kantor (bagi yang kerjanya kantoran) dan rutinitas weekdays yang bikin eneg. Nggak eneg? Yah, saya doang dong berarti?! Nggak apa-apalah, tapi saya tetep ngotot mau cerita, karena dijamin bikin mupeng! Hahaha
Temen-temen yang sukanya kuliner unik-unik dan aneh-aneh, wajib mengunjungi Martabak House yang satu ini. Iya, namanya Martabak House. Sesuai dengan namanya, yang dijajakan di resto ini utamanya adalah martabak. Martabak yang kayak gimana tuh?



Murtabak or martabak, also mutabbaq (Arabic: مطبق‎) (Thai: มะตะบะ), is a stuffed pancake or pan-fried bread which is commonly found in Saudi Arabia (especially the Tihamah and the Hejaz regions), Yemen, India, Indonesia, Malaysia, Singapore, Brunei and Thailand. Depending on the location, the name and ingredients can significantly vary. The name mutabbaq (or sometimes mutabbag) in Arabic means "folded".


Setahu saya, di Indonesia, martabak itu dibagi menjadi dua, yang pertama adalah Martabak Manis yang kemudian di beberapa daerah dikenal dengan nama Terang Bulan, dan yang kedua adalah Martabak Asin yang isinya daging, ayam atau kadang-kadang orang menyebutnya Martabak Telur atau Martabak Mesir. So, martabak seperti apa yang ada di resto Martabak House?

Martabak House - Semarang

Martabak House yang satu ini menyebut dirinya sebagai innovator martabak manis asli Semarang yang berdiri sejak tahun 2007 di Kota Semarang. Signature dish yang menjadi andalannya disebut dengan Martabak UFO yang kemudian disingkat dengan MARFO. Apa uniknya MARFO? MARFO atau Martabak UFO adalah martabak manis berukuran kecil, sekitar 12 cm dengan topping yang bervariasi dan tambahan satu scoop ice cream diatasnya sehingga berbentuk seperti pesawat UFO (Unidentified Flying Object) yang kita khayalkan selama ini. Unik kan?!

Dalam penyajiannya, karena ukurannya yang cukup kecil dan sebagai alasan untuk mendukung ide innovasi agar menyerupai pesawat UFO, Martabak UFO tidak perlu dilipat seperti umumnya Martabak Manis berukuran besar yang dilipat kemudian dipotong-potong saat akan disajikan. Martabak UFO cukup disajikan diatas piring tanpa dilipat dengan tambahan topping dan satu scoop ice cream diatasnya yang dilengkapi dengan lelehan cokelat atau strawberry jam. Jangan khawatir, untuk mempermudah pelanggan dalam menikmati MARFO, martabak telah dipotong kecil menjadi empat bagian (kalau masih kebesaran ya dipotong sendirilah ya, hehe). Jadilah Martabak UFO, innovasi martabak manis dengan ide variasi topping dan bentuk menyerupai pesawat UFO

Pilihan topping dan ice cream-nya beraneka ragam. Pilihan topping terdiri dari dua atau lebih kombinasi bahan seperti mesis cokelat, kacang, keju, strawberry jam, pisang, durian dan cocktail dengan ice cream rasa cokelat atau strawberry. Teman-teman tidak perlu pusing memilih kombinasi topping dan ice cream sendiri karena pilihan rasa sudah tersedia di dalam menu, lengkap dengan real pict diatas piring! Kebayang kan ya, gimana heboh dan bingungnya saya ketika milih menu, semangat sekaligus bingung, semua kelihatan enak dan menggoda selera banget (dapat dipastikan kalau diet gagal! hahaha).

Pilihan saya pun jatuh kepada MARFO/ Apollo Hysteria yaitu Martabak UFO dengan topping mesis cokelat dan potongan pisang, ditambah dengan satu scoop ice cream rasa cokelat dan lelehan cokelat diatasnya. Rasanya? Jangan ditanya, enaakk banget. Daging martabaknya yang lembut dipadu dengan rasa manis dari mesis cokelat dan segarnya potongan buah pisang, diadu dengan dinginnya ice cream rasa cokelat. Hap! Berasa puas banget makannya. Cukup untuk mengisi space kosong di perut saya kala itu. Sebagai catatan, segera makan MARFO-nya beberapa menit setelah disajikan ya, saat martabaknya sudah tidak terlalu panas atau sudah hangat. Tapi jangan kelamaan juga, keburu ice cream-nya meleleh nanti.

MARFO/ Apollo Hysteria

Makan satu nggak puas dong? Kan ukurannya kecil? Tenang ajaa, meskipun ukurannya kecil, Martabak UFO memiliki ketebalan yang sama dengan martabak manis pada umumnya, jadi cukup untuk mengisi space yang biasanya akan terisi dengan makanan berat.

Masih lapar juga? Mumpung masih di Martabak House, cobain juga MARPIZZA, another signatur dish di Martabak House. MARPIZZA atau Martabak Pizza adalah innovasi lain dari Martabak Manis dengan topping serupa pizza. Berbeda dengan MARFO yang memiliki banyak varian topping dan ice cream, MARPIZZA hanya memiliki dua varian (mungkin karena masih merupakan menu baru dan masih dalam tahap pengembangan), yaitu MARPIZZA wow dan MARPIZZA ahaa. MARPIZZA wow adalah innovasi Martabak Manis dengan topping sosis, smoke beef, vegetables dan cheese. Sementara MARPIZZA ahaa adalah innovasi Martabak Manis dengan topping sosis, chicken, vegetables dan cheese.

Saya pun berkesempatan mencoba MARPIZZA ahaa (karena saya pergi berdua dengan adik saya, jadi kami pesan satu MARFO dan satu MARPIZZA). Rasanya? Enaak banget. Nggak kalah dengan MARFO. Dan tentu nggak bisa dibandingin sih sebenarnya karena yang satu manis dan yang lainnya gurih. MARPIZZA rasanya enak banget, topping pizza-nya nggak kalah dengan resto pizza yang sudah terkenal itu. Daging martabaknya yang lembut dipadu dengan potongan sosis, ayam dan lelehan keju mozarella menghasilkan rasa gurih yang nikmat banget. Kalau kurang suka dengan yang manis-manis, MARPIZZA adalah pilihan tepat. 

MARPIZZA ahaa!

Kalau ingin makanan yang lebih berat, Martabak House juga menyediakan Steak Martabak (Sapi, Ayam, Udang), Steak (Sapi dan Ayam), Nasi Goreng dan aneka hidangan olahan Daging Sapi dan Ayam. Kalau masih kenyang, Martabak House juga menyediakan camilan ringan (seperti spaghetti, french fries, sosis bakar, dll), ice cream, sundae dan banana split. Sayangnya saya hanya sempat nyobain MARFO dan MARPIZZA aja, padahal pengen nyobain Steak Martabak juga. Namun apa daya, perut saya sudah tidak punya space lebih untuk menampung makanan berat. Semoga next time bisa kesana lagi. InshaAllah, Amiinn.

Beragamnya menu, variasi martabak dan area resto yang cukup luas, membuat Martabak House cocok banget untuk dijadikan referensi tempat ngumpul-ngumpul santai sambil menikmati martabak dengan keluarga, teman, rekan kerja, klien atau pasangan. Resto Martabak House cukup luas dengan pembagian beberapa pembagian dining room, yaitu non-smoking dining room dan smoking dining room. Area parkir pun cukup lega dan agak masuk ke dalam, jadi nggak usah khawatir mobil atau motor parkir di tepi jalan.

Penasaran?

Yuk, cobain bingungnya milih menu MARFO dan nikmatin serunya makan MARPIZZA di Martabak House


Martabak House
Jl. Singosari Raya No. 12 Semarang
Telp. (024) 8444849
Hp. 0812225110066 (khusus sms)
Ig account: Martabakhouse (Martabak UFO)




Salam,


Lisa.

2 komentar:

  1. Martabaknya kayak pizza ya jadinya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa, makanya namanya MARPIZZA :)

      terima kasih sudah mampir :)

      Hapus