Senin, 25 Mei 2015

Olanatics.com 1st Giveaway: Steal The Look



Sebagai wanita, termasuk saya, terkadang (masih) terlalu sibuk mematut-matut diri di depan cermin dengan memadu-padankan pakaian, ingin terlihat seperti si A yang cocok memakai pakaian jenis tertentu, atau ingin seperti si B dengan gayanya yang begitu, seperti si C, si D dan lain-lain yang secara tidak langsung kita jadi kehilangan bagaimana sebaiknya berpakaian yang nyaman sesuai dengan diri kita sendiri. Pendek kata, kita jadi kehilangan identitas dalam berpakaian.

Sebagai seorang muslimah, berpakaian sesuai dengan syariat adalah wajib hukumnya. Khususnya secara islami dengan menggunakan pakaian muslimah. Pakaian muslimah menurut syariah agama Islam adalah pakaian yang tidak menonjolkan lekuk tubuh wanita, tidak ngepas di badan, mengulurkan hijab hingga menutupi dada, meninggalkan pakaian yang dapat membuat kita menyerupai laki-laki, menggunakan celana misalnya. Berpakaian dengan menggunakan pakaian muslimah dapat menunjukkan identitas kita sebagai seorang yang muslim, menunjukkan ketaatan kita pada ketetapan Allah, bahwa Allah berusaha melindungi kita sebagai wanita yang berharga melalui pakaian muslimah.

Tetapi sebenarnya, berpakaian menurut saya, tidaklah (harus) menirukan gaya berpakaian orang lain seperti yang saya kemukakan di awal, tentunya tetap dalam koridor pakaian muslimah. Maksud saya, berpakaianlah yang nyaman sesuai dengan bagaimana diri kita ingin diperlakukan, berpakaianlah sesuai dengan tempatnya, sesuai dengan acaranya. Untuk apa menirukan gaya berpakaian orang lain jika kita sendiri tidak merasa nyaman menggunakannya.

Berpakaian sesuai dengan bagaimana diri kita ingin diperlakukan adalah cara berpakaian yang sopan, menghargai diri kita sendiri sebagaimana kita ingin menghargai orang lain. Dengan memakai pakaian muslimah, kita dapat menunjukkan bahwa kita sangat ingin melindungi apa yang menjadi milik kita sebagai bentuk ketaatan kita kepada Allah, bahwa kita adalah wanita yang berharga dan hanya menunjukkannya kepada siapa yang akan menjadi mahram kita. Bukan untuk menjauhkan diri kita dari kehidupan sosial, tidak, justru kita akan dihargai atas pilihan yang telah kita jalani. Dan sudah tentu teman-teman kita pun akan memahami, karena disitulah proses toleransi beragama, dimana setiap penduduk bebas menentukan pilihan dan bertanggung jawab atas pilihannya. 

Berpakaian sesuai dengan tempatnya dan berpakaian sesuai dengan acaranya adalah memposisikan diri kita dan pakaian kita sesuai dengan tempat dan acara yang kita datangi. Pakaian yang kita gunakan untuk sekedar nge-mall dan pakaian untuk menghadiri acara resepsi sudah tentu berbeda kan? Itulah yang saya sebut menghargai si pemilik acara yang mengundang kita. Setidaknya kita tahu dan dapat membedakan pakaian yang bisa dipakai di acara santai, semi-formal ataupun formal.



Berpakaian ala-ala saya, adalah pasti berpakaian dengan menggunakan pakaian muslimah. Hanya saja saya selalu menggunakan style casual feminin. Mengapa casual? Untuk menghargai diri kita dan orang yang kita temui nantinya. Casual atau semi –formal sesuai dengan saya yang ingin menunjukkan bahwa saya adalah muslimah yang sopan dan menghargai orang lain sebagaimana saya menghargai diri saya sendiri melalui pakaian saya. Dan feminin dapat menunjukkan identitas saya sebagai wanita muslimah. Itulah mengapa style saya adalah casual feminin. Jangan lupa juga bahwa pakaian itu haruslah memberikan rasa nyaman sehingga tidak menghalangi kita untuk beraktivitas.

That’s my style, where’s yours?



salam,
Arlisa Jati W



Note:

Posting ini saya ikutkan dalam olanatics.com 1st Giveaway: Steal The Look. Yuk ikutan posting dan ikutan tantangan olanatics.com 1st Giveaway: Steal The Look, ada hadiah menarik untuk 3 tulisan beruntung, jangan sampai ketinggalan ya, maksimal tgl 25 Mei 2015
 

Note:
Karena periode untuk mendapatkan Olanatics.com 1st Giveaway sudah berakhir maka tags/ label saya edit sesuai dengan klasifikasinya agar post-nya lebih rapi ya mengingat saya ingin mengelola satu blog saja dengan beberapa niche









2 komentar:

  1. Hai dear, makasih yaa udah ikutan giveawaynya.. Tulisannya baguuuus... Maaf baru sempat berkunjung.. good job! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih mb Olaa,, terima kasih udah mampir, terima kasih juga sudah dipilih buat jadi salah satu pemenang :)

      Hapus