Kamis, 23 April 2015

Bakso Ayam



Siapa yang tidak suka Bakso? Hampir semua orang suka bakso, dari mulai anak-anak, dewasa, tua, muda, laki-laki dan perempuan, bakso disukai oleh semua kalangan dari semua umur. Kadang-kadang saya juga bingung kenapa. Untuk anak-anak bisa menjadi makanan utama, atau lauk dengan sedikit nasi, untuk orang dewasa dengan porsi makan yang besar, bakso mungkin hanya bisa dijadikan cemilan. Untuk para ibu-ibu muda, bakso adalah lauk paling gampang untuk buah hati, dengan ditambah sedikit nasi atau bubur, maka dijamin, anak-anak akan makan dengan lahap.
Bakso memiliki banyak varian berasal dari jenis penyusunnya, ada bakso daging yang terbuat dari daging sapi, bakso ayam dan bakso ikan. Kali ini, saya akan memfokuskan pembahasan pada bakso ayam. Bagaimana cara membuat bakso ayam dan apa saja bahan-bahannya? Yuk kita simak bareng-bareng

Bahan adonan bakso ayam:
250 gr daging ayam, giling atau cincang halus.
1 butir telur ayam
1 sdm tepung terigu
1 sdm tepung kanji/ sagu tani

Bumbu:
3 siung bawang putih
1/2 sdt merica
1 sdt garam

Bahan Kuah:
Kaldu ayam
1 siung bawang putih, iris tipis.
1 sdt garam
30 gr wortel, iris kecil panjang seperti korek api.
3 lembar selada air, iris kasar.

Cara Membuat:
1.       Haluskan bumbu bakso ayam, yaitu bawang putih, merica dan garam.
2.       Campur daging giling, bumbu halus dan telur. Tambahkan tepung terigu dan tepung kanji sedikit demi sedikit, secara bergantian, uleni hingga kalis dan dapat dibentuk.
3.       Bentuk menjadi bulatan sebesar sendok teh atau sesuai selera.
4.       Didihkan air, rebus bola-bola bakso hingga bakso mengapung. Tiriskan.
5.       Buat kaldu dengan menggunakan tulang ayam, tambahkan bawang putih dan garam. Didihkan.
6.       Masukkan bakso, wortel dan selada air. Masak hingga sayuran layu.
Angkat dan sajikan hangat

Bakso Ayam


Awalnya saya sempat ragu-ragu sebelum membuat, karena takut gagal. Kalau sampai gagal, sayang banget adonannya kan. Tapi saya berusaha bagaimana caranya agar enak. Alhamdulillah, enak dan suami saya suka. O iya, untuk daging ayamnya saya fileti dari tulangnya, saya cincang kecil-kecil kemudian saya blender sedikit demi sedikit. Kenapa tidak digiling di tempat penggilingan daging? Alasannya adalah pertama, saya tidak tahu dimana tempat penggilingan daging di Duri. Kedua, saya membuat bakso hanya untuk dimakan sendiri bersama suami saya, sudah pasti jumlahnya sangat sedikit, dan saya ragu tempat penggilingan mau melakukannya untuk saya meskipun dibayar. Jadilah saya menggunakan cara manual dengan menggunakan blender. Hehehhe Hasilnya cukup halus kok, nggak kalah dengan bakso yang dijual oleh penjual bakso asli. Heehehehe. Meskipun jumlahnya sedikit, usahakan untuk memblender sedikit demi sedikit ya. Karena yang kita pakai disini adalah blender, bukan gilingan daging, yang mana blender bukan dipakai untuk menghaluskan daging. Perlu sedikit demi sedikit karena daging ayam cukup berserat dan itu memberatkan blender jika dimasukkan secara sekaligus. Selanjutnya tinggal diuleni dengan bahan lain. Sebenarnya dalam bahan bakso yang saya buat terdapat susu bubuk dan pala bubuk, sayangnya saya tidak suka susu dan saya ragu untuk memasukkan pala bubuk. Sebelum merebus bakso, saya mencobanya satu atau dua buah, kemudian saya rasakan dahulu bagaimana rasanya, kalau kurang bumbu, maka saya akan menghaluskan bumbu lagi dan menguleni kembali, dan coba direbus kembali. Seperti trial and error ya, ini saya lakukan untuk mendapatkan rasa bakso yang sesuai dengan selera saya. Karena ada campuran telur, saya urung mencobanya saat mentah, jadilah saya melakukan trial and error ini. Kemudian, selada air saya ganti dengan sawi hijau. Banyak penyesuaian yang saya lakukan ketika saya memasak. Tentunya saya sesuaikan dengan selera saya dan suami, tapi penyesuaian yang saya lakukan InshaALLAh tidak akan mengurangi rasa enaknya.

Agak repot ya membuatnya? Ya begitulah, saya cuma ingin mencoba kemampuan memasak saya melalui membuat bakso sendiri. O iya, resep ini dapat diterapkan pada jenis bakso lain ya, mungkin suatu saat saya akan mencoba membuat bakso daging atau bakso ikan sendiri.

Bagaimana?

Apakah Anda cukup tertantang untuk mencoba membuat bakso sendiri dirumah?

2 komentar: