Kamis, 28 September 2017

Bola Nasi Isi Abon



Bismillahhirrahmannirrahim.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh...

Siapa yang hobi makan nasi goreng tapi nggak bisa masak nasi goreng sendiri? Saya dong, hihihi. Yes, inilah salah satu alasan saya selalu mesen nasi goreng tiap jalan keluar, dimanapun tempatnya. Menurut saya, kalau rasa nasi gorengnya aja udah oke, pas dilidah, Insya Allah masakan lain akan mengikuti? Why? Ya karena Nasi Goreng itu simple-nya kebangetan katanya, jadi tolak ukur saya kalau makan diluar, hehehe. Aneh ya? Hahaha. Tapi Nasi Goreng yang katanya simple itu, saya malah nggak bisa masak. Adaaa aja yang nggak pas dilidah saya, kok nggak bisa minimal kayak abang-abang yang jual keliling itu. Hehehe.

Ya sudahlah, saya menyerah. Jadi diapakan kalau punya banyak nasi sisa? Sayang banget kan kalau dibuang. Kalau misal punya ayam sih, bolehlah kasih ke ayam. Setelah nyari-nyari resep selain Nasi Goreng, Alhamdulillah ketemu di blog-nya Bunda Nina.



Bola Nasi Isi Abon
Source: blog bunda Nina
Modified by me

Bahan:
200 gr nasi putih
½ butir bawang bombay, cincang halus
3 siung bawang putih, memarkan dan cincang halus
200 ml air kaldu
100 gr mix vegetable
2 sdt garam
½ sdt merica bubuk
½ sdt gula pasir
Abon secukupnya
2 sdm minyak goreng

Pelapis:
2 butir telur, kocok lepas
Tepung panir secukupnya

Cara Membuat:
Panaskan minyak goreng, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum.
Masukkan nasi putih, aduk rata, tambahkan mix vegetable dan air kaldu, aduk rata sambil ditekan-tekan agar tidak ada yang bergumpal.
Bumbui dengan garam, merica dan gula pasir, aduk rata, tes rasa.
Masak hingga bumbu meresap dan air menyusut.
Angkat, biarkan hangat.
Ambil 1-2 sdm nasi, pipihkan, isi dengan abon secukupnya, bulatkan sambil ditekan-tekan agar set. Lakukan hingga habis.
Celupkan bola nasi ke dalam kocokan telur kemudian gulingkan ke tepung panir. Ulangi 2x agar lapisan lebih tebal dan merata.
Simpan kurang lebih 1 jam di kulkas agar tepung panir menempel kuat.
Panaskan minyak, goreng dengan api sedang hingga keemasan.
Angkat dan tiriskan.




Gampang banget kan? Jadi alternatif selain Nasi Goreng kalau ada sisa nasi di magic com. Bentuknya bulet-bulet, jadi bisa dipake ngisi kotak bekal juga, tinggal tambahin sayur lalapan, lauk goreng , saus tomat dan saus sambal, jadi deh bento ala-ala.

Kalau saya lebih suka dicampur langsung di adonan bulatan nasi, jadi sudah sekalian ada sayurnya, tapi bolehlah kalau masih mau ditambah lalapan, sesuai selera saja. Yang penting tidak ada yang mubadzir. Yuukk... berkreasi dengan nasi sisa :)

Happy cooking ^^



Salam,

Lisa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar