Kamis, 21 September 2017

Bolu Hongkong Keju



Bismillahhirrahmannirrahim.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh...

Bikin ini udah lamaaa banget, niat banget bikin malah, buat dibawa jalan-jalan bareng Pak Suami sebelum bulan Ramadhan kemarin. Dan ternyata enaak banget lhoo, lembut, moist, fluffy, kata apa pun dah yang bisa menggambarkan kalau bolu ini beneran lembut banget. Gak berasa kalau ini merupakan sejenis bolu. Beda banget sama bolu seperti biasanya yang menurut saya seret, susah ditelan dan bikin haus.

Yuk ah lah bikin...

Bolu Hongkong Keju
Source: Tintin Rayner
Modified by me

Bahan:
Adonan I:
4 butir kuning telur
30 gr gula pasir
1 sdt emulsifier

1 sdm susu cair
¼ sdt vanilla cream bubuk

Adonan II
4 butir putih telur
½ sdt cream of tar-tar
¼ sdt garam
50 gr gula pasir

60 gr tepung terigu protein rendah (kunci)
10 gr tepung maizena
½ sdt baking powder
30 gr keju cheddar parut
50 gr margarin, lelehkan

Topping:
Keju cheddar parut
Kacang Kenari

Cara Membuat:

  • Kocok bahan Adonan I sampai kental dengan kecepatan tinggi kurang lebih selama 5-10 menit, kemudian turunkan ke kecepatan rendah, masukkan susu cair dan vanilla cream bubuk, sisihkan.
  • Kocok bahan Adonan II: Kocok putih telur dengan cream of tar-tar dengan kecepatan tinggi sampai setengah mengembang (berbusa), masukkan garam, kocok sebentar, kemudian masukkan gula pasir secara bertahap (3 tahap), kocok terus sampai mengembang hard peak (kaku, tidak tumpah saat baskom dibalik).
  • Campurkan bahan Adonan II ke Adonan I sambil dikocok dengan kecepatan rendah.
  • Tambahkan tepung terigu, tepung maizena dan baking powder, aduk rata.
  • Masukkan keju parut dan margarin cair, aduk rata.
  • Tuang ke dalam cup sampai hampir penuh, taburi keju parut dan kacang kenari.
  • Panggang hingga matang.




Saya pakai paper cup segi empat, biar tampilan jadi makin cantik. Sayangnya karena adonan agak cair, paper cup akan sedikit melebar hampir ikutan leleh, segera masukkan aja ke oven. Punya saya ada bocornya sedikit di bagian bawah. O iya, jangan terlalu penuh saat mengisi, biar nggak luber, karena adonan akan sedikit mengembang.

Jangan lupa juga dengan topping-nya, saya pakai keju parut dan kenari, sayangnya kenarinya malah tenggelam, hehehe. Entah kenapa kalau masang topping selalu saja rawan tenggelam, jarang bisa sukses nempel di permukaan.
Cuma satu sih kekurangannya, kurang banyak, hehehe. Mungkin memang karena komposisi adonannya memang sedikit ya, jadi hasilnya pun juga cuma jadi 10 cup aja. Tapi ini worth it banget buat dicoba. Yuuuk baking...

Happy Baking ^^




Salam,



Lisa.

1 komentar: