Bismillahhirrahmannirrahim.
Assalamu’alaikum warahmatullahi
wabarakatuh...
Saya bersyukur, ketika saya
sedang dilanda males menulis, males blogging,
selalu ada saja rasanya yang mengingatkan. Entah dari postingan seseorang di
sosmed atau dari mana saja. Seolah mengingatkan bahwa saya harus menulis, saya
perlu menulis, dan saya pun akhirnya mulai lagi... Alhamdulillah...
So, posting pertama bulan
ini adalah tentang fotografi lagi. Yeay!
Alhamdulillah, saya ikutan workshop
fotografi lagi, nambah teman dan nambah ilmu lagi. Alhamdulillah...
Workshop yang saya ikuti adalah
bagian dari event yang diadakan oleh panitia @yukbelajarbareng. Inget? Iyup
yang itu. Pernah saya tuliskan di blog ini menjadi tiga bagian (buset,
banyak ternyata ya, hehehe, saya barusan ngecek juga!) Motret Pakai HP,Kenapa Enggak?, Masih Ragu Buat Motret Pakai HP?, dan Motret Pakai HP Saja?.
Yuk, jalan-jalan ke salah satunya atau ketiganya kalau pengen tahu
@yukbelajarbareng atau #ybb itu apa.
Banner #ybb |
Jadi ceritanya para panitia ingin
mengadakan reuni untuk peserta #jebolanybb, memfasilitasi peserta yang kangen
sama #ybb, pengen ngumpul-ngumpul bareng lagi, belajar bareng lagi sambil reuni
cantik. Pesertanya pun terbatas hanya untuk #jebolanybb dari kelas #ybb mana
aja, alias gabungan peserta dari keseluruhan rangkaian workshop ybb. Kebayang kan ramenya?
Apa aja yang mau dipelajari? Nah,
disini panitia memberikan dua workshop
dalam satu event, sesi pertama akan
diisi oleh Mb Silva, Professional Product
Photographer pemilik account ig @oldhippie_silva. Yang suka stalking ig atau ikut komunitas fotografi via ig pasti udah tahu dong portofolio beliau? Keren kan? Kapan lagi
gitu bisa belajar sama ahlinya. Cek sendiri deh sama portofolio beliau malalui
account ig-nya. Pasti bikin mupeng
banget. Apalah artinya saya yang cuman modal HP ini? *remahan rengginang di
stoples Khong Ghuan di pojokan kolong meja. Jauuuhhh pake bangeeett...
hehehe.
Lokasinya? Alhamdulillah masih
sama dengan lokasi workshop ybb yang
saya ikuti sebelumnya yaitu di Abuba Steak Tebet, tempatnya enak dan makan
siangnya juga dong, enak. Mau ngajakin suami kesana aja belum jadi-jadi.
Hehehe. Oke stop, balik lagi soal materi.
Mb Silva saat memberi materi |
Dari Mb Silva, peserta akan
memperdalam materi teknik styling
dalam foto produk, baik untuk produk olshop
maupun objek foto untuk blog. Harapannya, materi ini bisa jadi solusi untuk
peserta yang masih kaku dalam hal styling
produk ataupun minim properti fotografi. Plus-nya,
peserta juga akan mempelajari teknik pencahayaan. Menarik kaann...
Yuukk, kita mulai review-nya...
Konsep dan Styling dalam Foto Produk
Menurut mb Silva, konsep dalam
fotografi berarti merancang pengambilan gambar dengan penataan jalan pikiran
yang sistematis. Tujuan utama implementasi konsep adalah mendapatkan hasil foto
yang optimal sesuai dengan perencanaan. Ini yang biasanya luput banget dari
proses yang saya kerjakan tiap motret. Alasan pertama jelas nggak paham.
Namanya juga awam fotografi. Learning
from scratch. Jadi yang paling dasaaar banget belum tentu saya ngerti dan
paham. Hehehe. Ternyata perlu banget untuk memiliki konsep. Mau foto yang
seperti apa dan bagaimana, lokasi dimana dan properti apa aja yang digunakan.
Semua perlu banget untuk direncanakan. Oleh sebab itu, sangat perlu untuk
menentukan tema, memilih ide, subjek, lokasi dan properti. Tips dari mb Silva,
buatlah konsep yang sudah pasti kita mampu untuk mengerjakannya, jangan malah
membuat konsep yang justru akan mempersulit kita dalam mengarjakannya.
Berikut beberapa contoh Tema Foto Produk sesuai dengan
kategorinya menurut Mb Silva.
Beauty Product
Natural, Nuansa Alam
Tema ini biasanya identik dengan
warna hijau, putih. Unsur bebatuan, dedaunan, dan kayu bisa mendukung untuk
membentuk tema ini.
Beauty, Bright and Feminin
Tema ini memerlukan pencahayaan
yang cukup, identik dengan warna pastel. Unsur bunga atau benda-benda shabbychic
biasanya menjadi properti yang mendukung tema ini.
Romantic and Warm
Tema ini ingin menampilkan kesan Romantic and Warm. Nuansa yang ingin disampaikan biasanya memiliki
kehangatan dengan tone kekuningan dan pencahayaan yang bernuansa romantis. Properti
yang bisa digunakan adalah bunga, lilin atau lampu-lampu.
Food and Beverages Product
Morning Ambience
Tema ini menekankan nuansa pagi
yang segar, fresh dan pencahayaan
yang pas yang akan membawa kesan pagi (khusus pada produk yang memang cocok
disajikan dipagi hari). Jadi tidak semua produk cocok untuk tema ini ya.
Traditional
Tema ini biasanya cocok dengan
produk-produk yang memang ada unsur tradisionalnya, bisa dimulai dari makanan
khas ataupun proses pembuatannya yang tradisional. Props yang sesuai untuk tema
ini tentunya props yang tidak modern, terdapat unsur pedesaan atau “kampung”
seperti kayu, kendi atau rotan-rotan, enamel-enamel khas tradisional, dsb.
Moody and Warm
Image yang ingin ditampilkan tema
Moody terasa lebih drama natural
dalam hal pencahayaannya, kadang ada suasana hangat yang ingin ditampilkan.
Fresh, Energic
Tema ini memberi kesan segar dan
penuh energi dengan tujuan agar penikmat dapat merasakan kesegaran produk
tersebut. Pencahayaannya tergantung konsep fresh
yang diinginkan.
Conceptual, Fun, Creativity
Ide menggabungkan produk dengan
ilustrasi mungkin bisa menjadi pilihan agar temanya out of the box dan menarik. Misalnya menggabungkan gambar ilustrasi
tertentu dengan produk yang ingin ditampilkan.
Fashion
Simple Elegan
Untuk emngusung tema ini tentu
harus menyesuaikan style fashion-nya terlebih dahulu agar
terlihat simple namun tetap elegan. Pilih
background yang polos atau bright dan pilih komposisi yang pas.
Hindari memasukkan unsur warna atau elemen lainnya yang bisa mengalihkan subjek
agar tetap terlihat simple namun
tetap elegan.
Casual
Tema ini bermain dengan warna
atau monochrome, semua tergantung dengan warna produk dan style
agar lebih dramatis
Bingung yak kalau nggak pake
gambar contoh? Iya, saya pun begitu, tapi saya tetep nggak ‘ngeh’ walaupun
waktu itu ngelihat juga gambar contohnya. Saya terlalu ‘sibuk’ mengagumi betapa
kerennya gambar-gambar portofolio Mb Silva. Hehehe. So, saya hanya ingin me-review materi yang disampaikan oleh Mb
Silva. Untuk contoh gambar asli dari portofolio beliau saya nggak berani
menampilkan ya teman-teman. Mohon dimaklumi. Ini jepretan saya sendiri (untung
duduk di depan
Last, but not least. Beberapa tips dari Mb Silva sebelum motret
produk:
- Tentukan tema foto sesuai dengan produk sehingga brand image-nya sesuai dengan yang diharapkan.
- Siapkan properti sesuai dengan temanya (Gunakan properti dengan bijak agar tidak mengganggu produk yang menjadi POI nya).
- Cari ke-khas-an di tiap fotomu untuk membangun brand image.
- Tetap perhatikan pencahayaan, elemen warna, komposisi dan sudut pengambilan (angle).
So, gimana teman-teman? Nambah ilmu lagi?
Semoga bermanfaat ya ^^
Salam,
Lisa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar