Rabu, 15 Maret 2017

Puding Telur (Mentah)



Bismillahhirrahmannirrahim.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh...

Pengennya sih bikin Puding Telur Ceplok, sayangnya pak suami nggak suka puding yang dikasih susu, jadinya saya di protes kalau bikin puding yang ada susunya, hehe. Akhirnya beralih ke Puding Telur (Mentah). Saya namakan begitu karena puding kedua saya pakai warna plain alias warna bening, jadi kelihatan kayak telur mentah kan? Hehehe.



Puding Telur (Mentah)

Bahan:
Jelly kuning:
1 bungkus jelly rasa orange (apapun yang berwarna seperti kuning telur)
200 gr gula pasir
700 ml air

Jelly bening:
1 bungkus jelly warna plain (bening)
200 gr gula pasir
700 ml air

Cetakan kue talam secukupnya
Cetakan puding lain

Cara Membuat:

  • Jelly Kuning: Campurkan semua bahan jelly kuning/ orange, aduk hingga rata dan tidak ada yang menggumpal. Rebus hingga mendidih, lakukan tes rasa.
  • Angkat, biarkan 3 menit, kemudian masukkan fruit acid (jika suka), aduk hingga rata, kemudian tuang ke dalam cetakan kue talam hingga habis, biarkan dingin dan mengeras.
  • Siapkan cetakan kedua (bisa ramekin ataupun cetakan puding lain yang berwarna bening), ambil jelly dari cetakan kue talam dengan menggunakan jari telunjuk, telungkupkan ke dalam cetakan kedua. Lakukan hingga habis.
  • Jelly bening: Campurkan semua bahan jelly plain, aduk hingga rata dan tidak ada yang menggumpal. Rebus hingga mendidih, lakukan tes rasa.
  • Angkat, kemudian tuang ke cetakan kedua yang sudah diberi jelly kuning berbentuk kue talam sebelumnya. Lakukan hingga habis, biarkan dingin dan mengeras.
  • Siap disajikan.


Untuk membuat puding yang berasal dari gabungan dua atau lebih puding, sebaiknya menggunakan bahan yang sejenis. Misalnya jelly dengan jelly, atau agar dengan agar. Karena secara tekstur sudah jelas berbeda. Jelly lebih kenyal dan cepat mengeras atau beku, sementara agar sulit beku dan tidak kenyal. Memang berhasil ya, tapi, puding akan gampang hancur yang disebabkan oleh perbedaan tekstur dan sulit melekat antara satu dengan yang lain. Saya sudah pernah mencoba sendiri lho, untuk beningnya saya pakai agar plain, jadinya berhasil, hanya saja agar plain akan gampang lepas dari jelly bulatnya atau gampang sobek atau pecah sehingga nggak cantik sama sekali. Sayang banget kan kalau berhasil tapi hasilnya nggak cantik?

O iya, saat merebus jelly orange, usahakan untuk membuang buih yang timbul di permukaannya. Tapi, buih yang ada saat merebus jelly plain bisa dimanfaatkan, boleh dibuang tapi sedikit saja. Saat menuangkan jelly plain, buih yang timbul akan semakin banyak, pecahkan gelembung-gelembung udara besar yang terbentuk dengan menggunakan sendok. Biarkan uap panasnya hilang, saat jelly belum set, tetapi permukaannya sudah hampir set, geser buih ke salah satu sudut jelly kuning, buat hingga seperti mengelilinginya bulatan jelly kuning, lakukan dengan menggunakan sendok. Hasilnya? Buih akan menyingkir melingkari bulatan kuning, seperti kuning telur mentah yang terbungkus selaput membran. Jadi mirip banget dengan telur mentah kan? Unik kan? :)

Selamat mencoba, semoga bermanfaat ya ^^





Salam,


Lisa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar