Sabtu, 18 Juni 2016

Hijab Review: Plain 2


Bismillahhirrahmannirrahim.

Assalamu’alaikum...

Sebagai muslimah yang sudah lama berhijab, tentu saya sudah memiliki ratusan hijab, mulai dari jenis bergo, segi empat berbahan katun dengan tepian bordir yang booming banget saat saya baru pertama kali belajar berhijab, hijab jenis ini merupakan hijab yang biasa dipakai untuk sekolah. Kemudian, muncul masanya segi empat paris yang dipopulerkan oleh muslimah-muslimah keturunan  Arab, saya pun mengetahui jenis hijab ini dari teman kuliah saya yang asli keturunan Arab. Kemudian, pashmina bahan cashmere, hijab segi empat maupun pashmina bahan diamond italiano yang dipopulerkan oleh salah satu olshop terkenal via instagram, hijab dengan tepian rawis, hijab katun ima, hijab katun jepang, berbagai jenis khimar, dan banyaak banget jenis hijab yang mendukung seorang muslimah untuk memenuhi kewajibannya untuk menutup aurat. Alhamdulillah.

Diantara sekian banyaknya jenis hijab yang sudah saya sebutkan tadi, muncul jenis hijab yang katanya ringan dan nyaman digunakan, tidak panas, dan tidak perlu waktu lama untuk mematut-matut diri di depan cermin karena gampang banget diatur. Tentu saja, hijab jenis ini pun menjadi rebutan banyak muslimah yang sedang belajar berhijab, menjadikan olshop pioner-nya terkenal via instagram. Hijab ini terkenal dengan sebutan Plain 2. Nah, sudah nggak asing banget kan sama namanya? Atau jangan-jangan sudah punya banyak koleksinya di lemari? Telat banget sih ya sebenernya kalau mau bahas tentang hijab ini. Tapiii, saya tetep pengen banget membahas sedikit tentang hijab yang setahun ini fenomenal banget dan selalu jadi rebutan oleh para muslimah warga instagram.

Saya sih, sebenarnya sudah tidak terlalu heboh ingin punya hijab jenis ini dan itu sesuai dengan trend yang sedang berlangsung, mengingat hijab yang saya miliki sudah sangat beragam. Tapiii, lama-kelamaan saya gatel juga, penasaran sama yang namanya Plain 2 ini. Akhirnya saya pun usaha buat nyari di olshop-olshop instagram yang ternyata membutuhkan usaha yang ‘ekstra’ banget untuk mendapatkan selembar hijab ini. Fiuh! Kalau saya ingat-ingat lagi, betapa hectic-nya saya kala itu, ikutan mantengin instagram sesuai dengan jadwal upload yang sudah ditentukan oleh admin olshop. (yang pernah beli produk dengan sistem rebutan via instagram, pasti tahulah rasanya, dan kita senasib, vroh! Hahaha)

Tentang namanya, Plain 2, apakah ada pendahulunya seperti Plain 1 dan penerusnya seperti Plain 3, Plain 4, dan seterusnya? Ada, meskipun saya tidak memiliki variannya, tapi saya pernah membaca di instagram pada salah satu testi dari olshop tertentu penjual varian hijab ini. Bahwa diantara sekian varian hijab ini, yang menjadi favorit adalah jenis hijab Plain 2. Apa perbedaan dari varian lainnya? Yang sudah pasti adalah komposisi bahan pembentuk dari kain hijabnya, memiliki prosentase yang berbeda antar jenis plain-nya. Beda komposisi bahan pembentuk tentu menghasilkan kenyamanan yang berbeda pula bagi pemakainya.
Akhirnya inilah review ala-ala saya setelah menggunakan hijab jenis Plain 2 dalam beberapa kali pemakaian.

Hijab Plain 2 tipe Pashmina
Deskripsi Hijab Plain 2:
  • Hijab Plain 2 ini merupakan salah satu hijab import yang komposisinya terbuat dari 65% Polyester dan 35% Viscose. Campuran kedua bahan ini menjadikan bahan hijab Plain 2 memiliki tekstur kain yang sangat halus dan lembut.
  • Hijab Plain 2 sangat tipis, sehingga tidak panas dan ringan saat dipakai. Tapi tidak menerawang lho..
  • Jika diperbesar atau di zoom-in bahan ini memiliki kerapatan serat kain yang renggang sehingga akan terlihat seperti bahan kain dengan pori-pori yang halus. Tapi pori-porinya tidak akan terasa kasar ketika kita memegang ataupun merabanya dan jangan khawatir, walaupun memiliki pori-pori yang cukup besar jika dibandingkan dengan kain katun yang memiliki tingkat kerapatan benang yang tinggi, bahan ini tidak menerawang kok.
  • Hijab Plain 2 yang saya miliki adalah tipe pashmina dengan ukuran yang cukup lebar yaitu 100 x 200 cm, agak berbeda dari pashmina lokal ukuran standar ya, jadi agak tricky juga dalam pemakaiannya jika postur pemiliknya mungil. Kemudian muncul juga tipe segi empat untuk hijab Plain 2 ini dengan ukuran 130 x 130 cm.
  • Hijab Plain 2 ini mudah dibentuk dan diatur ya. Ketika dipakai, hijab ini akan nempel di kepala dan badan kita alias tidak licin sama sekali. Enaknya, bagi yang nggak suka memakai inner, hijab Plain 2 ini tidak akan mudah bergeser. Keuntungannya, hijab kita akan tetap kelihatan rapi sepanjang hari. Sangat berbeda jauh kalau kita pernah menggunakan hijab berbahan sifon atau hijab dari bahan lain yang licin yang memerlukan banyak jarum karena sifat bahan yang memang licin.
  • Hijab Plain 2 juga tidak mudah kusut ya, bagi yang males banget setrika hijab setelah mencuci, memiliki hijab ini bisa jadi solusi banget. Hehehe. Setelah kering, cukup dilipat saja, inshaAllah tidak akan terlihat kalau belum disetrika. Hehehe.
  • Tepian hijab Plain 2 tidak dijahit, tapi serat benangnya dibiarkan terbuka layaknya ujung kain yang belum dijahit yang dikenal dengan rawis. Jadi semua sisinya bertipe rawis. Artinya membutuhkan perawatan ekstra jika tidak ingin serat benang rusak di sisi rawisnya. Tapi, jika kita memperlakukannya dengan benar, inshaAllah tidak akan mudah rusak.
  • Untuk pilihan warna, warna-warna hijab Plain 2 lumayan beragam ya, ada warna pastel dan bold. Walaupun tidak sebanyak pilihan warna seperti hijab paris.
Komposisi bahan, tekstur dan kerapatan serat hijab Plain 2

Sifat bahan hijab Plain 2, tipis dan ringan namun tidak menerawang
Saran Perawatan:
  • Saya memang tidak memiliki banyak varian warna dari hijab Plain 2, kebetulan yang saya miliki adalah warna-warna bold. Seingat saya, warnanya sedikit luntur ketika dicuci, tapi efeknya tidak akan merubah warna kok. Jadi, cuci secara terpisah pada pencucian pertama, kedua dan ketiga untuk memastika apakah bahan mudah luntur. Kenapa harus tiga kali? Karena ada bahan kain tertentu yang selalu luntur ketika dicuci dan sangat merubah warna kain. Dan tentu jangan direndam terlalu lama dan jemur di tempat teduh agar warna kain tidak mudah pudar.
  • Apakah perlu disetrika? Sifat bahan hijab Plain 2 sudah halus dari sananya, InshaAllah akan tetap rapi walaupun tanpa setrika. Tapi bagi penganut paham kerapian seperti saya, ya disetrika biar lebih kelihatan halus dan rapi.
Saran Pemakaian:
  • Karena hijab Plain 2 memiliki tepian full rawis, saya merasa kurang cocok kalau memakai hijab ini di acara formal seperti kondangan ataupun acara resmi lainnya. Bagi saya, tepian full rawis pada hijab Plain 2 membuat tampilan keseluruhan kita terlihat kurang rapi.
  • Hijab Plain 2 cocok dipakai sebagai daily hijab karena sifatnya yang mudah dibentuk dan tidak mudah bergeser membuat tampilan kita tetap rapi sepanjang hari. Jadi hijab Plain 2 cocok dipakai untuk menghadiri acara-acara yang bersifat semi formal seperti kuliah ataupun ke kantor dan acara santai seperti jalan-jalan.
  • Hijab Plain 2 cocok juga untuk muslimah yang sedang belajar berhijab. Karena sifat bahannya yang mudah dibentuk dan diatur, memudahkan muslimah pemula yang sedang belajar memakai hijab. Sifat bahannya yang dingin dan tidak membuat gerah, memudahkan muslimah pemula untuk beradaptasi menggunakan hijab setiap hari.
Jadi, sudah punya berapa warna jenis hijab Plain 2-mu?

Dan semoga bermanfaat yaa...




Salam,


Lisa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar