Kamis, 10 September 2015

Yogyakarta Hidden Paradise Part. II – Pantai Ngobaran




Pantai Ngobaran - Gunung Kidul, Yogyakarta
Assalamualaikum...

Setelah sebelumnya saya posting tentang Pantai Ngrenehan disini, saatnya untuk mengeksiskan temannya yang lokasinya nggak jauh dari situ. Bahkan sebelahan mungkin ya, karena dekat banget dan satu tiket dengan Pantai Ngrenehan, jadi tambah iritlah, hehehe. Langsung aja yuk cuuzz...

Pantai Ngobaran terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sekitar kurang lebih dua kilometer dari lokasi Pantai Ngrenehan. Jadi sangat disayangkan kalau hanya mengunjungi salah satu dari mereka berdua, karena lokasinya yang berdekatan, apalagi kalau tiketnya satu paket. Jadi kalau kita mengunjungi Pantai Ngrenehan, maka kita pun bebas untuk mengunjungi Pantai Ngobaran, begitu pula sebaliknya. Kita hanya membeli tiket sekali saja untuk mengunjungi keduanya.

Tiket Pantai Ngrenehan dan Ngobaran

Beralih dari lokasi dan tiketing, Pantai Ngobaran sangat berbeda dengan temannya, Pantai Ngrenehan, walaupun kebanyakan orang menyebutnya dalam satu paket, Pantai Ngrenehan Ngobaran. Begitu juga informasi yang saya peroleh dari homestay yang saya tinggali di Yogyakarta (ulasan homestay akan diposting terpisah ya, sesuai janji saya sebelumnya). Dituliskan di informasi tersebut “Pantai Ngrenehan dan Ngobaran” dan saya pun akhirnya mengasumsikan kalau memang nama pantainya begitu dan satu lokasi. Tapi ternyata ketika hampir sampai di lokasi, jalan di depan saya terpecah dua, dimana yang satu mengarah ke Pantai Ngrenehan dan yang lainnya mengarah ke Pantai Ngobaran. Tapi tidak masalah mau mengunjungi yang mana dulu, karena semuanya oke, semuanya indah dan sayang untuk dilewatkan.

Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya bahwa walaupun keduanya berada di lokasi yang berdekatan, tapi keduanya sangat berbeda. Pantai Ngrenehan memiliki pantai dengan pasir putih, yang diapit oleh karang di sebelah kanan dan kirinya, sedangkan Pantai Ngobaran tidak memiliki pantai dan pasir putih pada umumnya sebuah pantai. Jadi? Apa yang sebenarnya ada di sana? Ya pantai, hanya saja, tidak memiliki pasir putih. Saya sendiri pun kaget. Jadi, Pantai Ngobaran terdiri dari karang-karang dan bebatuan, untuk turun dan menyentuh air laut, kita diharuskan untuk turun melalui anak tangga dan beberapa karang besar. Untuk teman-teman dan siapapun yang ingin mengunjungi Pantai Ngobaran saya sarankan untuk berhati-hati, apalagi kalau keluarga atau orang yang diajak kesana adalah lansia, anak-anak dan wanita hamil. Tapi ketika kita sudah sampai di bawah dan menyentuh air laut, pemandangannya pun tidak kalah indah dengan pemandangan yang dimiliki oleh Pantai Ngrenehan. Jadi, selelah apapun dan seterjal apapun karang yang dilalui akan terbayar ketika sudah sampai dibawah dan menyentuh air, pemandangannya sangat indah. Kalau kita mengunjunginya pada saat air surut, kita bisa melihat hamparan alga (rumput laut) baik yang berwarna hijau maupun coklat.

Karang dan Rumput Laut di Pantai Ngobaran - Yogyakarta

Satu lagi yang berbeda dari kebanyakan pantai lainnya, yaitu pesona kebudayaan yang dimiliki oleh Pantai Ngobaran. Pada pintu masuk Pantai Ngobaran, sebelum kita turun menuju pantai, terdapat gapura kecil yang didalamnya terdapat banyak patung dewa yang menurut beberapa sumber yang saya baca disini dan disini, merupakan tempat beribadah. Menarik kan? Saat pertama kali melihatnya pun, saya langsung teringat pada keunikan kebudayaan yang ada di Bali. Seperti melihat Bali kecil di tengah Pulau Jawa. Bangunan yang paling jelas terlihat adalah tempat ibadah semacam pura kecil dengan patung-patung dewa berwarna putih mengelilingi sebuah patung yang lain yang berada di tengahnya yang tentunya memiliki aspek dan nilai sejarah yang bisa dibaca disini atau disini.

Kalau kangen dengan Pulau Bali, tapi tinggal di Pulau Jawa, Pantai Ngobaran bolehlah dijadikan alternatif sementara menunggu kesempatan, suasana kebudayaan dan pantainya sangat mirip dan tidak kalah dengan Pantai Kuta. Kita bisa menikmati wisata budaya dan wisata alam sekaligus. 

Patung Dewa-dewa Pantai Ngobaran - Yogyakarta

Yuk, sempatkan waktu teman-teman untuk mengunjungi Pantai Ngobaran, dijamin nggak akan menyesal. Jangan hanya mengunjungi yang fenomenal aja, cari yang masih asli dan tersembunyi. Temukan Hidden Paradise yang dimiliki oleh D.I Yogyakarta.



Salam,
Lisa

2 komentar:

  1. Ini di Yogya Mbak? Saya baru tahu ada pantai seperti ini. Bagusnyaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, Yogya,, sy juga baru tahu..surprise juga...

      Kan sdah sy tuliskan dipostingan sebelumnya, pengen mencari objek2 wisata tersembunyi yg blm banyak diketahui orang, jangan yg udah terkenal dan fenomenal aja, akhirnya nemu deh :-)

      Hapus