Kamis, 27 Agustus 2015

Yogyakarta Hidden Paradise Part. I – Pantai Ngrenehan

Salah satu sudut Pantai Ngrenehan - Yogyakarta


Assalamu’alaikum...

Lama bangeet ya nggak ada posting dari saya??? Kemana aja?? Hehehe. Nggak kemana-kemana sih, cuma ya gitu, adaa aja halangan buat posting. Padahal materinya udah ada, banyak malah, tinggal tulis aja. Kalau dari bahasa para blogger yang udah ekspert  sih berasa punya “Writer Block”, cuma bedanya punya saya segedhe tembok Cina! Hahaha.

Ups, sudahlah basa-basinya. Langsung ke main topik yah. Jadi ceritanya, saya, suami dan adek-adek saya sempat liburan saat libur Lebaran kemarin (tuh kan, udah lama banget, hehehe). Alhamdulillah, suami dikasih cuti agak lama, jadi kami bisa berlama-lama berkumpul dengan sanak saudara. Alhamdulillah lagi, baru pertama kali ini kami jalan-jalan pas libur Lebaran, karena biasanya tiap lebaran kami dirumah aja, lebih memfokuskan buat ketemu saudara-saudara, ngumpul bareng, mumpung yang merantau banyak yang mudik.

Maunya sih kami Liburan ke Malang, sayangnya waktu kami nggak banyak dan berdasarkan sumber berita dari yang mengalami langsung atau berita TV, perjalanan ke arah Timur macetnya parah. Akhirnya kami memutuskan untuk ke arah Barat dan diputuskan ke daerah Yogyakarta dan sekitarnya.

Bagi sebagian orang atau mungkin kebanyakan orang hanya mengetahui objek-objek wisata yang sudah terkenal aja, yang sudah dikenal orang sejak dulu, misalnya Pantai Parangtritis, Malioboro, Stasiun Tugu, dan sebagainya. Sedangkan kami, ingin menjelajahi sudut-sudut Yogyakarta yang masih tersembunyi, belum pernah kami kunjungi sebelumnya dan mungkin juga belum banyak diketahui orang. Alhamdulillahnya kami nemu sebuah Homestay yang harganya bersahabat dan memiliki banyak informasi mengenai objek-objek wisata Yogyakarta yang masih tersembunyi (Tulisan dan review tentang Homestaynya akan saya tulis terpisah ya

)



Pantai Ngrenehan

Pantai Ngrenehan - Yogyakarta

Di dalam setiap kamar di Homestay terdapat informasi mengenai objek-objek wisata Jogjakarta, diantaranya adalah deretan pantai-pantai di sebelah selatan Yogyakarta. Pilihan kami tertuju pada Pantai Ngrenehan. Penasaran kan? Kami pun begitu, karena belum pernah kami dengar namanya sebelum ini. Belum pernah juga orang membicarakan tentang pantai ini. Dan ternyata, bapak sopir yang mengantar kami pun belum pernah kesana. What?!

Tenang, ada penunjuk jalan dan GPS yang setia menemani petualangan kami.



Pantai Ngrenehan terletak di desa Kanigoro Kecamatan Saptosari kurang lebih 30 km di sebelah selatan kota Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, atau berjarak sekitar 60 km sebelah selatan dari pusat kota, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Dengan jarak tempuh sekitar 2 jam perjalanan dengan menggunakan mobil pribadi.

Pantai Ngrenehan merupakan salah satu obyek wisata pantai yang membentang di sepanjang pesisir selatan Yogyakarta. Pantainya tidak seluas Pantai Parangtritis yang fenomenal itu atau Pantai Indrayanti yang sedang booming akhir-akhir ini. Tapi pemandangannya sangat indah, pantai berada di tengah-tengah teluk yang dikelilingi hamparan perbukitan kapur, diapit oleh teluk karang yang berada di kanan kirinya. Selain itu, terdapat hamparan pasir putih dan suara ombak yang menerpa batu karang. Karena pantai ini diapit oleh dua bukit karang yang cukup besar dan menjorok ke laut, maka ombak besar tidak secara langsung menghempas ke pantai karena terhalang dua bukit tersebut, jadi InshaAllah aman. Di depan pantai banyak bersandar kapal-kapal nelayan. Kami pun kedapatan menyaksikan aktivitas para nelayan pulang dari melaut, melabuhkan kapalnya.  Menurut beberapa sumber yang saya baca, pantai ini cukup terkenal dengan sajian sea foodnya yang masih segar yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para penikmat kuliner serba ikan. Jika berminat, teman-teman bisa menikmati makan siang dengan ikan segar, atau membawa oleh-oleh ikan segar yang dijual oleh nelayan di kios-kios tepi pantai. Sayangnya saya harus bertolak ke Pekanbaru esok harinya dan adik-adik saya harus kembali ke Semarang untuk keperluan kuliahnya. Jadi kami tidak dapat membawa pulang oleh-oleh ikan segar.



Sempatkan teman-teman untuk mampir ke Pantai Ngrenehan jika sedang berada di sekitar Yogyakarta. InshaAllah nggak akan menyesal, karena pantainya masih bersih, masih belum padat pengunjung, tiket masuknya pun sangat murah, hanya Rp 5.000 / orang. Akses menuju pantainya pun sangat mudah lho, nggak jauh dari tempat parkirnya, kita bisa perkir 200 m di depan pantai, jadi turun mobil sudah di depan pantai

 

Jadi yuk, ajak keluarga rame-rame menyaksikan salah satu yang menarik dari Yogyakarta, hidden paradise



Pashmina Kashmir from my Mom | Unbranded Light Brown Blazer | Stripe Inner by Noby_bip | bag by Sophie Signature


Salam,
Lisa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar