Rabu, 23 September 2015

Es Dawet Suronatan - Madiun



Assalamualaikum...

Cerita tentang dunia kuliner memang tidak akan ada habisnya. Apalagi kuliner yang merupakan ciri khas dari sebuah kota, pasti sudah dihafal banget tanpa harus mempelajari. Dunia kuliner memang memiliki daya tarik tersendiri bagi penikmatnya baik yang berasal dari daerahnya sendiri maupun yang berasal dari luar daerah. Penikmat kuliner bisa siapa saja, mulai dari para perantau yang rindu akan kampung halaman sampai traveller dari daerah lain yang memang sengaja datang hanya ingin mencicipi dan mencari tahu apa yang khas dari suatu daerah. Kuliner dapat menjadi ciri khas dari sebuah daerah atau kota. Tidak jarang juga para perantau kemudian membuka usaha kuliner di lokasi merantau mereka demi memuaskan hasrat kerinduan terhadap kampung halaman atau ingin mengembangkan bisnis kuliner yang berasal dari kampung halaman di lokasi perantauan. Buktinya, banyak resto-resto yang menjual berbagai masakan khas suatu daerah, Nasi Pecel Madiun misalnya, kini tidak hanya bisa dinikmati di kota asalnya saja, kita bisa menemuinya di resto-resto yang menjajakan masakan Jawa. Ya walaupun banyak orang mengatakan bahwa rasanya akan berbeda jika dinikmati langsung di kota asalnya.

Di kampung halaman saya, Madiun, ada banyak kuliner yang bisa dinikmati dan sayang untuk dilewatkan, salah satunya adalah Nasi Pecel Madiun yang sudah sangat terkenal dan bisa dibeli dimana saja yang menjajakan masakan Jawa, ulasannya sudah saya posting disini ya. Kalau sedang berada di daerah sekitar Madiun, apa salahnya singgah sebentar, meluangkan waktu untuk mencicipi makanan-makanan khas dari kota kami. 

Kalau sebelumnya saat singgah di Kota Madiun, sudah pernah makan atau mencicipi Nasi Pecel Madiun, kini saatnya memperkenalkan makanan yang unik dari Madiun. Mungkin memang aslinya asalnya bukan dari Kota Madiun. Tapi kurang afdhol rasanya kalau berkunjung di Kota Madiun tanpa menikmati yang satu ini. Adalah Es Dawet Suronatan. Belum pernah dengar atau sudah pernah dengar? Kalau sudah pernah dengar dan sudah pernah mencicipi, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar. Kalau belum pernah dengar apalagi belum pernah mencicipi, mari saya kenalkan dengan es yang fenomenal ini yang pengelolanya sudah turun-temurun hingga generasi ketiga.

Es Dawet Suronatan adalah menu andalan di Depot Dawet Suronatan. Lokasi depot terletak di Jl. Merbabu Gg. Suronatan No. 10, sebelah barat Alun- Alun Madiun, sekitar 20 meter dari Alun- Alun Madiun. Dawet Suronatan adalah minuman yang terdiri dari semangkuk campuran bubur ketan hitam, bubur sumsum, dawet yang terbuat dari tepung beras, tape, dan kemudian diguyur air gula Jawa dan santan. Yang khas dari minuman ini adalah Depot Dawet Suronatan membuat dawetnya sendiri dari tepung beras, sehingga rasanya lebih gurih, kasar, dan kenyal. Es Dawet Suronatan cocok dinikmati sambil menyantap makan siang di tengah hari yang panas, karena rasa dawetnya yang segar akan segera melegakan dahaga dan membuat penikmatnya ketagihan.

Depot Dawet Suronatan juga menyediakan makanan utama sebagai teman menikmati Es Dawet Suronatan. Menu yang tidak kalah terkenal dari Es Dawet Suronatan adalah Gado-gado, Garang Asem, Sayur Asem, Soto dan Rawon. Jangan ditanya soal rasa, semuanya jawara untuk disandingkan dengan Es Dawet Suronatan. Jadi, pastikan untuk memilih baik-baik menu makanan utamanya, karena semuanya enak dan nikmat.

Es Dawet dan Gado-gado Suronatan
Untuk jam operasional depot adalah mulai jam 08.00 – 17.00 WIB. Saran saya, kalau ingin mengunjungi depot, jangan terlalu sore, pengunjung bisa saja kecewa karena Es Dawet Suronatan telah habis. Depot selalu ramai pada tepat jam makan siang. Jadi kadang saya pun bingung juga ya, kalau pas jam makan siang bisa ramai banget dan bisa jadi nggak dapat tempat duduk, kalau kesiangan atau kesorean bisa jadi nggak kebagian alias kehabisan. Hehehe.

Tapi kabar baiknya, karena banyaknya penikmat Es Dawet Suronatan yang ketagihan membuat pengelola depot melebarkan sayapnya dengan membuka dua cabang, satu cabang masih terletak di Kota Madiun dan cabang lain terletak di Yogyakarta. Cabang di Kota Madiun terletak di "Dawet Suronatan 2" Jl. Mangkuprajan No. 1 Madiun (belakang kantor PAN Jl. Mayjend Panjaitan Madiun), sedangkan untuk di Yogyakarta pengelola menggunakan nama WARUNG MADIUN agar lebih familiar bagi masyarakat sekitar Yogyakarta. Warung Madiun terletak di  Jl. Sukun Raya (Depan JEC Janti) Yogyakarta. Menu makanan yang ditawarkan di Warung Madiun tidak persis sama seperti menu makanan yang ditawarkan di Madiun karena selera dan mungkin keadaan lain dimasyarakat.

Penasaran dengan kesegaran Es Dawet Suronatan? Silakan berkunjung di salah satu cabangnya. Kalau sedang berada di Yogyakarta dan sekitarnya, bolehlah mencicipi dulu disana sebagai penanda bahwa Anda pernah merasakan kesegarannya. Tapi saat berada di Kota Madiun dan sekitarnya, WAJIB hukumnya untuk berkunjung di depot pusat maupun di cabangnya. Dijamin, akan ketagihan.


Salam,

Lisa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar