Selasa, 06 Desember 2016

Bolu Kukus Semangka



Bismillah...

Assalamu’alaikum...

Karena semangat baking saya sudah agak up lagi, jadi mari kita bikin yang berwarna-warni. Apa itu? bolu kukus dong. Semoga mekar dan berbunga-bunga biar hati ikutan berbunga-bunga. Ecieee... Hehehe...

Saya nggak pernah berani membuat bolu kukus lagi sejak belajar baking pertama kali saat SMP. Kenapa? Bantet, nggak karuan. Sakitnya tuuh disini. *nunjuk bolu kukus bantet yang nggak bisa dimakan, hiks. Jadi pendek kata, saya kapok. Sayang banget dibikin kalau ujung-ujungnya bantet dan nggak bisa dimakan. Sayang bahannya, sayang sama effort-nya. nah, kemarin ngubek-ngubek smartphone, nyari-nyari resep apa yang menarik, ketemu sama bolu kukus semangka warna-warni. Nekat aja nyobain, siapa tahu berhasil.

Bolu Kukus Semangka
Source : ig @doyanbaking @aktrinurfaa @komearisotya
Modified by me
Bahan:
2 btr telur
250 gr tepung terigu
250 gr gula pasir
1 sdt sp
¼ sdt vanili bubuk
150 ml air soda (sprite)
Meises secukupnya
Pewarna makanan merah dan hijau

Cara Membuat:

  • Mixer telur, gula pasir dan sp dengan kecepatan tinggi hingga berwarna putih pucat dan mengembang, kurang lebih 10-15 menit.
  • Masukkan sprite sedikit demi sedikit,kemudian masukkan tepung terigu dan vanili, kocoh hingga rata.
  • Bagi adonan menjadi tiga bagian, dengan komposisi satu bagian paling banyak.
  • Beri bagian yang paling banyak dengan warna merah, satu bagian yang kecil dengan warna hijau dan satu bagian kecil yang lain tanpa pewarna makanan. Masukkan masing-masing ke dalam plastik segitiga untuk memudahkan.
  • Siapkan cetakan bolu kukus, beri kertas cup.
  • Tuang atau semprotkan adonan merah kira-kira sampai ¾ sampai 7/8 tinggi cup, lalu taburi dengan sedikit meises. Tuang lagi dengan sedikit adonan putih, kemudian tutup lagi di bagian atasnya dengan adonan hijau.
  • Kukus ke dalam kukusan yang telah dipanaskan sebelumnya. Bungkus tutup panci kukusan dengan selembar serbet bersih agar uap air tidak menetes ke dalam adonan bolu kukus.
  • Kukus selama 10-15 menit. Angkat. Siap disajikan.


Tips:
  • Gunakan sprite botol kecil. Jangan dibuka jika belum waktunya masuk ke adonan.
  • Panaskan kukusan sampai airnya mendidih, baru masukkan adonan ke dalam kukusan. Jangan biarkan adonan menunggu air mendidih di dalam kukusan.
  • Jika ingin membuat lebih banyak maka sediakan air soda dalam botol kecil-kecil. Jangan membeli air soda (sprite) botol besar, karena jika soda menguap maka adonan akan bantat. 

Alhamdulillah berhasil mekar walaupun belum moist banget rotinya. Mungkin saya kelamaan main-main warna sehingga soda cepat menguap. Dan ternyata saya membuat lapisan putih dan hijaunya terlalu tebal sehingga warna merah tidak bisa keluar, hehehe. Tapi setidaknya bolu kukusnya tidak bantat. Next time better...

Bolu Kukus Semangka

Bolu Kukus Semangka


Selamat Mencoba...

Semoga bermanfaat ya ^^





Salam,



Lisa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar