Sabtu, 27 Februari 2016

#NgobrolSantai tentang Blogging bareng Ryan & Dani – Part 2



Assalamualaikum...

Saatnya posting untuk materi lanjutan dari #NgobrolSantai tentang Blogging bareng Ryan & Dani. Yang belum baca Part 1, boleh kok jalan-jalan sebentar sembari mengingat –ingat tujuan awal mula nge-blog itu untuk apa. Semacam self reminder sih kalau boleh dikatakan begitu, siapa tahu ada yang sudah salah jurusan, eh, mari kita kembali ke jalan yang benar.

Di bagian kedua ini, materi lebih di fokuskan pada materi teknis.

Yuk ah, langsung lanjut ke materinya.


“Who are you?”

Sebagai seorang blogger tentu kita ingin diingat oleh pembaca. Untuk dapat diingat, tentu kita harus memiliki ‘sesuatu’, sesuatu yang membedakan kita dengan blogger-blogger lain di luar sana (tapi kalau sama nggak apa-apa juga sih!). Apa itu? Apa aja, misalnya postingan kita, niche, dll. Tentu gaya penulisan dan pict tiap blogger beda-beda. Suka-suka kita pengennya blog kita diingat seperti apa, sebagai apa.

Salah satu yang dapat kita lakukan untuk dapat diingat adalah mengisi blog kita dengan sesuatu yang bermanfaat bagi pembaca. Misalnya postingan tentang tips, review ter-update, atau apapun yang dirasa dapat memberikan manfaat untuk orang lain. Curhatan pun bisa ditulis sebagai bentuk pengalaman yang bisa jadi manfaat untuk orang lain lho. Tergantung pinter-pinternya kita mengatur penulisan dan gaya bahasa agar nggak terkesan curhatan nggak penting tanpa suatu solusi (PR banget buat saya juga sih ini, hehehe).

Intinya adalah ingin menjelaskan Siapa dirimu dan apa tujuanmu membuat sebuah blog.


 “What is your category?”

Blog Categories
Ternyata oh ternyata, blog itu dapat dikategorikan dalam kategori-kategori tertentu, tergantung dari tujuan dibuatnya sebuah blog oleh seorang blogger. Sebuah blog bisa berisi satu macam topik saja, atau satu atau lebih topik dalam satu blog, tergantung dari si empunya pembuat blog. Blogger yang membahas topik tertentu disebut sebagai topik tersebut diikuti dengan kata blogger, misalnya blog yang membahas tentang all about beauty class disebut sebagai beauty blogger, finance blogger, fashion blogger, food blogger dan seterusnya. Jadi apa sebutan untuk blog yang memiliki banyak topik dalam satu blog semacam saya? Kalau bahasanya Mas Ryan sih blog campursari. Hehehe. Sebuah blog yang berisi tentang banyak topik disebut sebagai lifestyle blog.

Lifestyle blogblog yang membahas tentang apa saja, tidak fokus pada satu topik tertentu.
Plus   : Topik banyak
Minus: Tidak fokus

Niche Blog - blog yang ditujukan untuk “pasar” tertentu atau tema tertentu (wikipedia)
Plus   : Pembaca tertarget pada topik yang diusung
Minus: Menjadi “ahli” dalam topik tersebut

“Apa Platform Blog pilihanmu?”
Sudah punya blog? Apa platform blog-mu? Apa? Nggak paham? Lhah dulu gimana? Asal bikin? Wah gaswat-gaswat (saya juga sih, hehe). Saya sih sudah punya blog, ya blog ini. Dulu bikin blog di platform ini juga karena kebanyakan muslimah fashion blogger yang sering saya kunjungi memakai platform ini, jadi ya sudahlah, begini jadinya. Nggak paham juga perbedaannya. Baru ber-ao-ao-ria setelah mendengarkan penjelasan dari Mas Ryan lewat meet up ini.

Blogging Platforms
Ternyata, platform blog itu banyak banget ya, selama ini saya sih tahunya cuma tiga aja, blogspot, wordpress dan self hosted. Karena ya hanya itu sih kebanyakan dari blog-blog yang ada di Indonesia dan yang sering saya kunjungi. Untuk yang lain saya skip ya, silakan cari info sendiri tentang blog yang bersangkutan.


Beberapa perbedaan platform blog dalam beberapa kriteria:

Perbedaan beberapa Platform Blog


Cukup jelas ya? Jadi, apa platform blog pilihanmu? Mau yang gratisan seperti saya ataupun yang berbayar, semua oke-oke aja, tergantung tujuan dan kebutuhan masing-masing untuk blogging. Saya sendiri masih belum merasa perlu untuk “membiayai” passion saya yang satu ini, karena aktivitas blogging masih kejar-kejaran, angin-anginan, timbul-tenggelam dan begitulah. Masih berusaha menertibkan diri sendiri biar eksis seperti suhu duo blogger itu. Hehehe.


“Sudah siap untuk membuat sebuah blog?”

 Berikut pict simple untuk membuat sebuah blog dalam tiga platform yang paling umum digunakan:
Cara membuat blog

Sudah nemu alasannya, sudah nemu trik-triknya, ini-itunya, masih ragu juga? Apa lagi? Yuk ah, ambil laptop atau tab-mu, temukan alasanmu, buat blog-mu, selamat menulis dan happy blogging!

All Participants :)

Salam,



Lisa.



2 komentar:

  1. Hehehe.. saya pun taunya cuma 3 itu ternyata banyak ya jenis blognya.. ao..ao..ao..

    BalasHapus