Kamis, 11 Februari 2016

Persahabatan Baik dengan Tong Tji Tea House





Tong Tji Tea House - Citraland Mall Semarang

Assalamualaikum...

Huwaaa... Long time no see yaaa... Berasa kangen banget sama blogging. Maafkeun saya, sepulang nemenin suami seminggu di Jakarta, perubahan cuacanya yang ekstrim dan berbagai distraction lain yang klise jadi bikin gak enak body dan hilang selera sama blogging, cuma lirik-lirik bw tanpa sempat meninggalkan jejak pula. Sedih.

Tapi Alhamdulillah, sekarang sudah semangat lagi, yuk ah...

Kuliner dan travelling adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan ya. Rasanya nggak lengkap aja kalau sudah berkunjung kesana-kemari tanpa nyobain yang unik-unik. Lagian kan jarang juga tuh nemu resto yang cabangnya atau franchise-nya ada di seluruh kota di Indonesia. Hehehe. Jadi mau nggak mau pasti nyobain makanan disana-sini sesuai recommend orang lain.

Siang itu, saya masih berada di seputaran Kota Semarang. Masih di bulan Nopember 2015 (telat banget kan yaa postingnya?) dimana matahari siang Kota Semarang sedang terik-teriknya, hujan masih jarang-jarang. Saat adik saya sedang seneng-senengnya sama teh. Entah apa yang membuat adik saya nge-fans banget sama teh. Seingat saya ketika kami masih serumah, dia tidak sebegitu nge-fans-nya sama teh. “Pokoke teh, Mbak! Teh!” tegasnya siang itu kepada saya. “Okelah, seterah apa maumu, Nduk! Tak turuti”, jawab saya pasrah di tengah teriknya Kota Semarang.

Saya pun digiring ke salah satu mall yang lumayan terkenal di kota itu, memasuki sebuah resto kecil yang padat pengunjung. Tong Tji Tea House. Rupanya, Tong Tji Tea House sedang naik daun, terutama bagi pengunjung yang berasal dari kalangan pelajar dan mahasiswa. Alasan utamanya adalah hanya satu, yaitu terjangkau bagi kantong pelajar dan mahasiswa, semacam adik saya. Selain itu, terdapat promo free up size ice tea jika ditengah makan kita kehabisan minuman karena kehausan, ini juga yang dicari adik saya, klayapan di Kota Semarang saat cuaca panas memang sedikit membuat kami dehidrasi. Ini juga salah satu keuntungan yang diperoleh oleh pengunjung sehingga betah berlama-lama di resto ini.

Belum ‘ngeh’? okelah, kenalan dulu yuuk sekilas sama perusahaannya

Perusahaan teh Tong Tji didirikan di Indonesia pada tahun 1938 oleh Tan See Giam dengan nama Perusahaan Teh Wangi Dua Burung yang mengambil lokasi di daerah Tegal, Jawa Tengah.  Perusahaan ini menghasilkan barang konsumsi berupa teh. Pertama kali di launching perusahaan teh ini menggunakan merek “Tong Tji” dengan desain menggunakan huruf Cina, serta logo yang digunakan adalah dua ekor burung yang saling berhadapan.

Pemilihan nama” Tong Tji” atau yang lebih dikenal dalam bahasa aslinya yaitu “Tung Tje” artinya adalah sahabat sejati. Hal ini disebabkan oleh kebiasaan lama di daerah Tegal bahwa teh merupakan sarana di dalam persahabatan. Maksudnya adalah bahwa teh disajikan sebagai teman ngobrol yang menyenangkan bersama dengan keluarga, teman, rekan kerja, dll. Pemilihan logo yang berupa gambar dua ekor burung dimaksudkan untuk menunjukkan ketulusan persahabatan yang baik dan erat. A Great Philosophie!

My sist and her Jasmine Tea
Lemon Tea

Pada tahun 1998, perusahaan teh Tong Tji memproduksi Premium Jasmine Tea yang diproduksi dengan daun teh kualitas terbaik diproses dengan bunga melati asli yang menjadi produk best seller sejak saat itu. Pada tahun 2003, perusahaan teh Tong Tji mulai melebarkan sayapnya dengan mengembangkan minuman “Ready to Drink” dengan nama “Tong Tji Iced Tea” yang dimulai di Tegal dan Purwokerto, Indonesia. Tong Tji Iced Tea ini tentu sudah banyak kita kenal karena banyak sekali gerainya di Indonesia. Pada tahun 2008, perusahaan teh Tong Tji mulai merambah ke dunia “Food and Beverages Bussiness” atau yang lebih dikenal dengan dunia kuliner dengan membuka Tea Bar Sadewa di Food Court Matahari Semarang. Melanjutkan kesuksesan dari Tong Tji Tea Bar, perusahaan teh Tong Tji mulai membuka konsep resto baru di tahun 2009 dengan menu dan masakan yang lebih beragam dengan nama Tong Tji Tea House.

Begitu kira-kira kilasannya

Tong Tji Tea House masih terbilang baru dalam dunia kuliner. Terbukti dari jumlah gerai Tea House-nya yang masih sedikit dan hanya ada di kota-kota besar tertentu di Indonesia. Saya sendiri baru tahu teh Tong Tji memiliki gerai Tea House ya gara-gara adik saya, di Kota Semarang pula (Ya Iyalah bo, di Kota Pekanbaru kayaknya belum ada, hehehe).

Tong Tji Tea House yang terdapat di Mall Citraland Semarang berbentuk mini cafe dengan interior yang didominasi warna hijau daun dan warna kayu kecoklatan sehingga terlihat asri dan sejuk dari luar. Interior dinding Tea House dilengkapi dengan hiasan dinding berupa miniatur beberapa alat musik dan mainan yang terbuat dari kayu. Menimbulkan kesan tradisional yang unik.

Setelah menempati salah satu pasangan seat yang kosong, kami langsung disambut ramah oleh pramusaji yang membawa buku menu dan mempersilakan kami memilih terlebih dahulu. Karena saya termasuk dalam salah satu penggemar Nasi Goreng, maka saya pun memesan Nasi Goreng Sosis, sementara adik saya memesan Nasi Goreng Special dengan alasan lapar sudah jadi sopir saya seharian, hehehe. Untuk minumannya, sudah pasti Jasmine Tea untuk adik saya dan Lemon Tea untuk saya. 

Rasanya? Enak dong! Sesuai dengan recommend dari adik saya dan ekspektasi saya. Langsung mengisi ruang kosong dalam perut saya dan memunculkan sinyal kenyang. Jasmine Tea dan Lemon Tea-nya pun terasa segar membasahi dinding kerongkongan saya yang kering akibat terik matahari kota Semarang. Awal memesan Lemon Tea, saya agak sanksi, bagaimana dengan rasanya, apakah begini dan begitu, tidak sesuai harapan, saya was-was. Tapi saya berhasil diyakinkan oleh adik saya kalau makanan dan minuman disini enak-enak karena dia sering makan disini bersama dengan teman-temannya setelah lelah nge-mall atau memutari Kota Semarang. Dan ternyata terbukti benar! Yay!

Nasi Goreng Special
Nasi Goreng Sosis

Selang waktu pemesanan dan penyajian pun tidak terlalu lama. Jadi pengunjung tidak akan terlalu lama menunggu meski sedang kelaparan tingkat akut. Next time mission, saya perlu mencoba dan membandingkan Tong Tji Tea Bar dan Tong Tji Tea House. Penasaran dengan persamaan dan perbedaan tentang menunya.  

Saya dan adik saya puas banget nyobain makan di Tong Tji Tea House.Makanan dan minumannya enak, sesuai dengan harapan dengan harga yang bersahabat, terutama untuk kantong pelajar dan mahasiswa. Restonya pun nyaman dan pelayanannya ramah. Jadi jangan heran kalau susah untuk dapat tempat duduk saat jam makan datang. Big thanks untuk Tong Tji Tea House and team.

Penasaran? Cuuzz cobain, mampir di salah satu gerainya yang terdekat dengan lokasimu ya!

Saya sih, harus pulang ke Pulau Jawa dulu sepertinya, hehehe.



Tong Tji Tea House
Mall Citraland Semarang
Jl. Simpang Lima No. 1 Semarang
(024) 8413608



Salam,


Lisa.

2 komentar:

  1. Tong Tji Bar dan Tong Tji House beda tempat kah? Baru tau kalau Tong Tji dijadikan tempat makan seperti ini hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya del, tp ada kok di Mall tertentu langsung ada dua, Tong Tji Tea Bar sama Tong Tji Tea House cuma beda lantai aja, kayak di Citraland Semarang itu.

      iya, Lisa juga baru tahu ada itu dari adek Lisa. hehehe

      Hapus