Senin, 22 Mei 2017

Putu Ayu



Bismillahhirrahmannirrahim.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh...

Lamaaa banget nggak nge-blog, berasa kangen. Karena urusan ini dan itu akhirnya posting blog-nya jadi tertunda, padahal semua udah disiapkan, tinggal copas aja trus upload. Eh, kendala lain muncul, hebohnya malware beberapa hari kemarin juga membuat saya takut nyalain laptop, dan akhirnya posting-nya ketunda lagi, hehehe. Yah sudahlah, yuukk...

Punya sisa parutan kelapa muda yang seharusnya dipakai buat bikin jajanan tradisional lain, sayangnya ‘gatot’ alias gagal total pas eksekusi, menyisakan parutan kelapa muda yang kesepian. Akhirnya nekat bikin Putu Ayu, jajanan yang memakai parutan kelapa, Alhamdulillah berhasil on first trial. Nggak nyangka banget saya, kok nggak dari dulu-dulu saya bikin Putu Ayu sendiri, biar nggak selalu beli, mengingat Putu Ayu merupakan salah satu jajanan favorit saya.



Putu Ayu
Source: bunda Nina

Bahan:
250 gr Tepung terigu
225 gr gula pasir
3 butir telur utuh
½ sdt emulsifier
100 ml air (bisa pakai air kelapa)
Pasta pandan secukupnya
100 gr kelapa parut
Sejumput garam

Cara Membuat:

  • Campur kelapa parut dan garam, kukus selama 15 menit, sisihkan.
  • Siapkan cetakan, oles tipis minyak kemudian letakkan kelapa parur di bagian dasar cetakan sambil ditekan-tekan, dipadatkan, sisihkan.
  • Kocok telur, gula dan emulsifier dengankecepatan tinggi, hingga mengembang dan kental kurang lebih selama 10-15 menit.
  • Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil terus dikocok hingga rata, tambahkan pasta pandan secukupnya, matikan mixer.
  • Tuang ke dalam cetakan hingga hampir penuh kemudian kukus selama 15 menit atau hingga matang.
  • Angkat, keluarkan dari cetakan, angin-anginkan sebentar, siap disajikan.



Gampang banget kan ya? Nggak nyangka lho saya, ternyata bikin Putu Ayu itu gampang banget. Kok nggak dari dulu-dulu saya belajarnya, kebanyakan alasan sih ya buat belajar baking, hehehe.

Abaikan penampakannya yang nggak rapi dan banyak yang bolong-bolong ini ya, hehehe. namanya juga masih belajar, first trial. Sepertinya ada yang salah dengan proses saya, entah apa yang membuat jadi bolong-bolong dan nggak mulus ini. Saya sepertinya pernah baca di salah satu blog, tapi lupa apa dan lupa juga di blognya siapa, hehehe. Nanti kalau sudah ketemu akan saya update yaa...
Yuuk bikin...

Semoga bermanfaat ya...

Happy Baking ^^



Salam,

Lisa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar