Senin, 17 Oktober 2016

Hijab Review: Pashmina Cerutti

Bismillahirrahmannirrahim.

Assalamualaikum...

Ngobrolin tentang hijab yang nyaman memang menarik ya. Sebagai salah satu muslimah yang sudah lama berhijab, tentu saya memiliki berbagai jenis hijab dengan berbagai warna sesuai dengan warna-warna pakaian yang saya miliki. Diantara sekian banyaknya hijab tipe pashmina, terdapat satu hijab tipe pashmina yang dua sampai tiga tahun lalu sempat juga menjadi rebutan oleh banyak muslimah. Bahkan pembeliannya pun harus mengikuti aturan PO alias pre-order saking banyaknya peminat hijab tipe pashmina ini. Jenis hijab ini dikenal dengan Pashmina Cerutti.

Yuuk ah, kita bahas rame-rame...

Bismillah.

Pashmina Cerutti

Deskripsi Hijab Pashmina Cerutti:


  • Pashmina Cerutti terbuat dari jenis kain chiffon cerutti yang sedikit lebih tebal jika dibandingkan dengan jenis kain chiffon biasa.  Pashmina yang berasal dari jenis kain ini dibuat dengan ukuran standar pashmina lokal untuk style syar’i yaitu 200 x 75 cm. Tekstur kain sangat ringan, tipis, halus, agak menerawang dan sangat licin sehingga memerlukan banyak jarum ketika akan dipakai sebagai hijab.
  • Jenis kain chiffon cerutti memiliki kerapatan benang yang sangat rapat, hampir mirip dengan kain katun yang memiliki kerapatan benang yang sangat tinggi.
  • Pashmina Cerutti ini juga mudah dibentuk dan diatur mengikuti bentuk wajah ataupun mengikuti inner yang kita gunakan. Pemakaian inner wajib ya, karena sifat kainnya yang sangat licin, jadi kita memerlukan inner untuk membantu agar hijab tidak mudah bergeser. Selain itu, untuk memakai hijab jenis ini, kita memerlukan banyak sekali jarum untuk membuat hijab set atau tidak bergeser sebagai akibat dari jenis kainnya yang memang sangat licin.
  • Pashmina Cerutti juga tidak mudah kusut ya. Namun tetap perlu disetrika untuk menghaluskan dan merapikan kainnya.
  • Tepian Pashmina Cerutti dijahit sangat rapi yang biasa disebut jahit tepi. Namun ada beberapa olshop yang menjual dengan tepian neci dengan harga yang lebih miring. Jadi kita pun sebagai pembeli Pashmina Cerutti harus cerdik ya, amati jahitan di tepian hijab. Karena jahitan atau neci yang tidak rapi tentu akan mengubah kerapian pashmina.
  • Pilihan warna Pashmina Cerutti sangat beragam ya, mengingat banyak pula varian warna untuk bahan kainnya.
Tekstur Kain Cerutti Halus tetapi agak menerawang

Saran Perawatan:


  • Hijab Pashmina Cerutti sangat gampang dirawat, cukup dicuci seperti biasa, InshaAllah tidak luntur. Tapi tetap jemur hijab ditempat teduh ya, agar warna kainnya tidak mudah pudar. Walaupun sepertinya memang warnanya tidak mudah pudar ya, hehehe.
  • Apakah perlu disetrika? Harus. Meskipun sifat bahannya licin dan tidak mudah kusut, tapi setelah proses pencucian akan terlihat sedikit kusut yang membuat hijab kita terlihat tidak rapi jika tidak disetrika.

Saran Pemakaian:


  • Pashmina Cerutti sangat digemari pada masanya walaupun peminatnya sekarang sudah jauh berkurang akibat munculnya jenis hijab baru yang lebih nyaman dan lebih up to date. Hijab jenis ini memiliki banyak sekali varian warna sehingga kita bisa memadu-padankan sesuka hati kita. Beberapa waktu setelah kemunculan seri polosnya, muncul juga seri motifnya yang sangat beragam.
  • Efek yang ditimbulkan saat memakai hijab jenis ini adalah rapi dan clean look. Tapi kita memerlukan banyak sekali jarum untuk membentuk hijab ini menjadi style tertentu. Kemunculan hijab jenis ini pun dianggap menjadi tonggak munculnya banyak style hijab saat ini. Karena sifat bahannya yang ringan, sangat mudah untuk diaplikasikan dan dibentuk mengikuti style tertentu walaupun kita harus menyediakan banyak jarum untuk menjaga bentuk style yang kita inginkan selain agar tidak mudah bergeser.
  • Pashmina Cerutti cocok dipakai sebagai daily hijab maupun sebagai short special occasion hijab. Jika dipakai sebagai daily hijab akan membuat penampilan kita terlihat rapi, namun kita sendiri harus pinter-pinter menjaga bentuknya agar tetap rapi dan siap bongkar pasang jarum saat memasuki waktu sholat.
  • Baiknya, hijab jenis ini dipakai untuk short special occasion, karena banyak sekali style hijab yang bisa kita praktekkan dengan menggunakan hijab jenis ini. Kita pun bisa menumpuk dua sampai tiga hijab Pashmina Cerutti polos untuk membentuk satu style hijab tertentu, dan tidak akan terkesan too much untuk sebuah special occasion karena kita memakainya dalam waktu singkat, tidak perlu bersiap bongkar pasang jarum.
  • Hijab jenis ini kurang cocok untuk muslimah yang sedang belajar menggunakan hijab ya. Karena pemakaiannya sangatlah tricky, memerlukan banyak jarum dan memerlukan kemapuan untuk membentuk style tertentu.
Jadi, sudah pernah punya hijab jenis ini?

Semoga bermanfaat ya...

 
Salam,



Lisa.

4 komentar:

  1. Uda punya Mbak, dan lumayan sukak jenis ini karena bahannya yg tebel. Cumak agak susah diatur ya. ._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, mesti pinter2 ngatur dan banyak jarum kali ya biar set.

      Hapus
  2. kalo pake pasmina ceruti ini kalo pas make kudu pake daleman jilbab biar engak mlorot hihhi
    perawatnnya termasuk mudah juga yahh kak
    cucui biasa terus dijemur ditempt teduh biar warnnya gak pudar :D

    bisanya yang dipake ukuran brpa kali brpa kak ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, kalau q suka pakai dalaman jilbab / inner, lebih save aja biar rambut g kluar2 juga.

      iya, gampang merawatnya :)

      biasa pakai size 75 x 200 cm ya biar lebar, nutup dada dan punggung, kalau size dibawah itu suka mikir 2x kalau mau beli, takut kurang lebar :)

      Hapus