Minggu, 03 Juli 2016

Star Peanut Cookies



Bismillah.

Assalamualaikum...

Kue kering lagi... Harap maklum yah, InshaAllah Lebaran sudah semakin dekat, jadi ada target nyetok kue-kue Lebaran untuk camilan sambil silaturrahim. Alhamdulillah punya sanak saudara, sepupu banyak, jadi memang harus nyetok agak banyakan.

Kue Kacang ini adalah hasil request dari adik saya yang memang maunya dibikinin kue rasa kacang untuk camilan saat Lebaran nanti. Resep ini saya ambil dari salah satu koleksi buku resep kue kering andalan saya. Jadi mau bikin kue kering apapun, saya selalu memakai resep ini. Alhamdulillah tidak pernah gagal sekalipun, sehingga saya berani untuk melakukan sedikit modif sesuai dengan jenis kue kering yang mau dibikin. Ini dia resepnya, yuukk...

Star Peanut Cookies

Bahan:
150 gr mentega
100 gr margarin
75 gr gula halus
300 gr tepung terigu
2 sdm tepung maizena
50 gr selai kacang
2 btr kuning telur
Trimis secukupnya untuk hiasan

Cara Membuat:

  • Kocok mentega, margarin dan gula halus hingga lembut, tambahkan satu butir kuning telur, kocok hingga rata.
  • Masukkan selai kacang, tepung terigu dan tepung maizena, aduk rata, uleni hingga kalis dan mudah dibentuk.
  • Giling adonan lalu cetak dengan menggunakan cetakan kue kering sesuai selera, saya memakai bentuk bintang, susun di atas loyang beroles margarin tipis-tipis.
  • Oles bagian atas adonan kue dengan kuning telur, taburi trimis di bagian tengahnya.
  • Panggang hingga matang selama 35 menit dengan suhu 130 C atau hingga matang.
  • Angkat dan dinginkan, kemudian masukkan ke dalam wadah kedap udara.

Resep untuk 700 gr



Karena adonan kue kering ini saya modif dengan tambahan selai kacang, maka hasilnya pun kue akan memiliki rasa kacang sesuai dengan rasa selainya, jadi, pilih selai kacang yang memang sudah recommended agar hasilnya memuaskan. Saat dipanggang, akan muncul aroma wangi kacang. Jadi jangan heran kalau nantinya seluruh dapur jadi beraroma kue kacang. Hmm... jadi pengen cepet-cepet buka puasa. *Eh!

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya...


Salam,

Lisa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar