Rabu, 19 Februari 2020

Pizza Teflon


Bismillahhirrahmannirrahim...

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh...

Hai-hai... Lama banget nggak nulis di blog. Iyaa... lama. Tapi saya masih sempet kok update instagram, hehe. Sibuk? Enggak. Cuma sok sibuk aja kadang-kadang 😅

Kemarin tema di @uploadkompakan (UK) adalah pizza, sedari kemarin udah ngubek-ubek stok foto, cuma dari pagi kok bimbang banget mau setor, merasa stok foto pizza saya nggak proper buat disetorin di UK. Akhirnya waktu berlalu, tahu-tahu udah malam aja, udah kelewatan, hehe. Jadi pelariannya kesini, ke blog, untungnya belum pernah diupload juga di blog.

Jadi ini itu stok foto pizza hasil ngubek-ubek Gallery sejak kemarin malam. Ternyata resepnya belum pernah di upload, di instagram juga, tapi mungkin disini sudah. Sementara saya udah move On dari resep ini, alias punya resep pizza andalan baru yang lebih ciamik hasilnya. Jadi resep ini udah nggak saya pakai lagi. Resep Untuk dough-nya maksudnya. Untuk saus toppingnya saya tetap bertahan dengan urutan ini. Merasa cocok untuk membuat jenis pizza gurih apapun. 



Pizza Teflon 
Sources: Erna Infitharina via shared on fb
Modified by @arlisa_jati

Bahan:
500 gr tepung terigu pro tinggi
1 ½ sdt ragi instan
3 sdm margarin cair
½ sdt garam
½ sdt gula pasir
250 ml susu cair
1 btr telur ayam

Saus:
1 sdm mentega
1 bks saus bolognese instant La Fonte (280 gr)
2 buah bawang bombay, iris tipis

Topping:
Mayonaise
Sosis, rebus, iris sesuai selera
Paprika hijau dan merah, iris sesuai selera
Keju cheddar, parut memanjang.
Keju mozarrella / cheddar melted, parut memanjang.

Cara Membuat:
•Panaskan mentega, tumis bawang bombay hingga harum, masukkan saus bolognese instant, aduk rata, masak hingga mengental dan matang, sisihkan.
•Campur semua bahan, uleni adonan sampai kalis (kurang lebih 15 menit).
•Tutup adonan dengan serbet atau plastik wrap, diamkan selama 40 menit (proofing 40 menit).
•Siapkan pan teflon anti lengket, olesi pan teflon anti lengket dengan margarin secara merata.
•Bagi adonan pizza menjadi beberapa bagian, bulatkan sampai benar-benar bulat dan halus agar hasil pizza saat matang tidak bergelombang-gelombang.
•Pipihkan adonan di atas pan teflon yang sudah diolesi dengan margarin. Lebarkan adonan sesuai dengan ukuran pan teflon yang digunakan.
•Olesi bagian dasar adonan pizza dengan mayonaise, tumpuk di atasnya saus bolognese yang telah dimasak.
•Tata topping di atas saus bolognese sesuai dengan keinginan.
•Taburi dengan keju cheddar dan keju mozarella.
•Tutup rapat pan teflon.
•Masak diatas api yang sangat kecil selama kurang lebih 12 menit. Lakukan tes tusuk jika perlu.
•Angkat. Siap disajikan.



Saat memipihkan roti dough-nya di Teflon,  kalau bisa sih tipis saja, tipis banget malah, karena roti akan mengembang saat dipanggang. Tapi, tingkat ketebalan bisa disesuaikan dengan keinginan ya, kalau ingin rotinya tebal, yaaa boleh agak tebal juga adonan yang dipipihkan. Nah, punya saya ini ketebelan ya, jangan ditiru, kurang tipis waktu memipihkannya, jadi rotinya jadi tebel banget waktu matang. Trus jaga apinya tetep kecil banget, karena kalau apinya stabil, dia bisa cepet gosong bagian bawahnya. Itu saya males nungguin, jadi satunya saya taruh di loyang trus dioven sebentar sampai matang. Karena api saya stabil dan teflon saya cepet banget panasnya.

Resep ini saya dapat dari facebook. Tahu kan? Biasanya ada Gallery save-save resep-resep kalau mendekati bulan Ramadhan. Dan resep ini salah satu yang saya simpan, then saya screenshoot juga, trus simpan di HP saya yang lama. Biar nggak hilang, akhirnya saya save juga di blog ini. Kenapa pakai resep ini? Karena resep ini ada step by step-nya, per gambar juga. Jadi cocok buat saya yang masih amatiran dan newbie banget saat itu, duluuu banget, jauh sebelum resep ci @tintinrayner ngetrend, saya beratahan dengan resep ini. Alhamdulillah resep ini berhasil menghalangi kami buat jajan pizza diluar, karena udah bisa bikin sendiri. Lumayan ngirit.

Yuuuk coba juga... next saya posting juga resep pizza andalan saya yang lainnya, tapi coba ini dulu yaaa...
Happy baking...


Salam,



Lisa.

3 komentar:

  1. ituDomino - Agen Sakong Online | Bandar66 | Capsa Susun | Bandar Poker | Judi Domino99 | BandarQ | AduQ | Poker Texas Indonesia

    Agen Judi Online Terpercaya dan Terbaik di Indonesia
    Menyediakan berbagai macam permainan Judi Kartu Online Terlengkap
    1 ID untuk 9 Permainan yang disediakan oleh Situs ituDomino

    • AduQ
    • Poker
    • BandarQ
    • Domino99
    • Bandar 66
    • Capsa Susun
    • Bandar Poker
    • Bandar Sakong
    • Perang Baccarat

    • Bonus Cashback 0.3% (dibagikan 2x setiap Minggunya)
    • Bonus Refferal 20% (dibagikan setiap Minggunya seumur hidup)
    • Customer Service 24 Jam Nonstop
    • Support Bank Lokal Indonesia (BCA, BNI, BRI, Mandiri, Danamon, Permata Bank)

    Pusat Bantuan Sikabur
    Pusat Bantuan ituDomino
    Deposit Via Pulsa, OVO & Gopay

    LINE : ituDomino
    WECHAT : CS_ituDomino
    TELEGRAM : @ituDomino
    WHATSAPP : +855.8933.9786

    BalasHapus
  2. Permisi ya kak Admin ^^

    ituBola - ituBolaonline - Bandar Bola - Agen Bola

    Ayo Pasang Taruhanmu Sekarang di ItuBolaAgen Judi Bola & Casino Online Terpercaya dan Terbaik di Indonesia.
    Minimal Deposit Rp. 25.000,- Dan untuk minimal Withdraw Rp. 50.000,-
    Proses Deposit & Withdraw Yang Tercepat.

    => Bonus Cashback 5% (dibagikan setiap Hari Senin)
    => Customer Service 24 Jam Nonsto
    => Support Deposit Via Aplikasi OVO,PULSA,GOPAY

    Kontak Kami
    LINE : itubola757
    WECHAT : itubolanet
    WHATSAPP :+85517696120
    TELEGRAM : Itu Bola / +85517696120

    Link Alternatif
    ituBola Online

    Agen Taruhan Judi Teraman, Situs Taruhan Judi Teraman, Agen JudiBola, Agen Judi Bola Online, Agen Bola Online, Agen Sportsbook, Judi Casino, Agen Judi Casino, Agen Casino Online, Agen Live CasinoTerpercaya

    BalasHapus