Selasa, 11 Oktober 2016

Prol Tape Keju



Bismillahhirrahmannirrahim...

Assalamu’alaikum...

Stop dulu ngomongin tentang hijab, kita ngomongin tentang makanan aja yuuk? Yuukk...

Beberapa hari yang lalu saya menerima oleh-oleh dari teman saya yang weekend-an ke Bandung. Nah, Alhamdulillah saya jadi kecipratan oleh-oleh, hihihi. Oleh-oleh khas Bandung ya apalagi kalau bukan peuyeum, alias tape singkong kalau kata orang Jawa. Karena sifat tape singkong yang memang tidak bisa bertahan lama dan lambung kami kurang mampu untuk makan makanan yang masam, akhirnya muncullah ide untuk membuat prol tape.

Setahu saya, Prol Tape merupakan salah satu oleh-oleh khas Kota Jember dan sekitarnya. Saya merasakan prol tape pertama kali dari teman kos saya saat masih kuliah dulu. Setiap teman saya pulang kampung, saat kembali ke kos, dia pasti membawa oleh-oleh khas daerahnya. Prol tape sendiri merupakan sebuah cake yang dibuat dengan menambahkan tape singkong ke dalam adonannya kemudian dioven hingga matang. Daripada lama-lama, yuukk ah...

Prol Tape Keju
Source: ig @rifkamaheswari

Bahan:
400 gr tape singkong
100 gr tepung terigu protein sedang (segitiga biru)
3 butir telur
80 gr gula pasir
125 gr mentega/margarin (cairkan)
80 ml susu kental manis (saya pakai susu bendera putih)
2 sdm susu bubuk (saya pakai susu bubuk dancow sachet)
Parutan keju secukupnya

Cara Membuat:

  1. Buang atau bersihkan serat tape yang terletak di tengah-tengah tape.
  2. Haluskan tape dengan menggunakan garpu, campurkan dengan susu kental manis, sisihkan.
  3. Kocok telur dan gula sampai mengembang dengan menggunakan mixer.
  4. Kurangi kecepatan mixer, masukkan tepung terigu dan susu bubuk, aduk hingga rata.
  5. Masukkan mentega cair, aduk rata.
  6. Tuang ke dalam loyang persegi 20 x 20 x 6 cm, ratakan bagian atasnya dengan menggunakan spatula atau dengan cara digoyang-goyangkan, taburi parutan keju di bagian atas adonan secukupnya.
  7. Oven hingga matang.
  8. Angkat dan dinginkan di atas rak kawat, potong-potong, siap disajikan.

Prol Tape

Adonan yang terbentuk sangat kental yang disebabkan oleh tambahan adonan campuran antara tape singkong dan susu kental manis. Oleh sebab itu, setelah adonan dimasukkan ke dalam loyang, bagian atas adonan perlu diratakan dengan menggunakan spatula atau dengan cara menggoyang-goyangkan loyang hingga permukaannya datar sempurna atau tidak bergelombang-gelombang. Setelah itu taburi parutan keju secukupnya.

O iya, jangan khawatir prol tape akan terlalu manis dengan adanya bahan gula pasir dan susu kental manis ya, karena ternyata manisnya pas, tidak terlalu manis. Wanginya pun enaaak, semerbak menuh-menuhin seisi rumah. Rasanya pun enak dan lembuut, InshaAllah nggak kalah sama prol tape yang berasal dari daerah asalnya.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya...


Salam,

Lisa.




2 komentar: